Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Fahmi Idris dan beberapa pejabat Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) memberikan penghargaan kepada lima produsen otomotif pada pembukaan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009 di Jakarta International Expo (JIE) Kemayoran, Jumat.

Dalam sambutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dibacakan Plt Menko Perekonomian Sri Mulyani beliau mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan dan berharap interaksi industri otomotif baik di dalam dan luar negeri dapat meningkatkan investasi.

PT Astra Daihatsu Motor meraih penghargaan untuk Investasi Terbesar 2007-2008 dengan jumlah investasi sebesar dua triliun rupiah.

PT Indomobil Niaga International meraih penghargaan untuk Jumlah Negara Tujuan Ekspor Terbanyak 2007-2008 setelah menyebarkan produknya Suzuki APV, kendaraan jenis MPV (Multi Purpose Vehicle), hingga ke 88 negara dari Asia Barat sampai ke Amerika Selatan.

"Kita bersyukur dengan pertumbuhan dan pengembangan industri otomotif yang dididik atau diletakkan ke kendaraan komersil dan ini jadi kekuatan kita melalui MPV. Di negara lain kan praktis produk ini sepi sekali," kata Presiden Direktur Indomobil Gunadi Sindhuwinata.

Ketiga penerima penghargaan lainnya adalah PT Toyota Astra Motor untuk Pangsa Pasar Penjualan Terbesar 2007-2008, PT Honda Prospect Motor untuk Corporate Social Responsibility (CSR) Terbaik 2007-2008 dan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors untuk Pangsa Pasar Terbesar KBM jenis Truk Terbesar 2007-2008.

Selain itu Menteri Keuangan sekaligus Plt Menteri Koordinator Perekonomian Sri Mulyani Indrawati juga memberikan penghargaan Kota Langit Biru Terbaik 2008 kepada Walikotamadya Jakarta Barat, Jakarta Utara, Tangerang, Bandung dan Yogyakarta.

Penghargaan diberikan atas keberhasilan kota-kota tersebut dalam menurunkan pencemaran udara dari sektor transportasi melalui promosi dan penerapan kebijakan transportasi berkelanjutan di daerah perkotaan.

IIMS 2009 adalah ajang tahunan pameran produk industri otomotif ke-17 yang diselenggarakan Gaikindo dan berlangsung dari 24 Juli hingga 2 Agustus dengan menampilkan 21 merek mobil, 7 merek sepeda motor serta 124 industri pendukung otomotif.(*)

Pewarta: anton
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009