Budapest (ANTARA News/Reuters) - Pembalap Renault Fernando Alonso merebut posisi terdepan (pole) untuk pertamakalinya dalam hampir dua tahun terakhir ini, Sabtu, setelah sesi kualifikasi Grand Prix Hungaria yang diwarnai dengan kecelakaan berat dialami pembalap Ferrari Felipe Massa.

Sesi tersebut ditangguhkan pada akhir bagian kedua saat pembalap Brasil Massa menghantam ban-ban pembatas lintasan di tikungan keempat.

Dia dikeluarkan dari mobil, dibawa ke pusat medis sirkuit itu dan kemudian dilarikan ke rumah sakit. Seorang juru bicara badan otomotif internasional (FIA) mengatakan dia dalam kondisi yang stabil.

Setelah itu ada sedikit kebingungan saat kualifikasi dilanjutkan, dengan layar penunjuk waktu jadi kosong dan membuat semua tim-tim dan para pembalap, seperti juga para penonton tidak mengetahui siapa yang merebut posisi terdepan.

Saat kembali, posisi pole pertama Alonso sejak Grand Prix Italia pada September 2007 dipastikan, sedang pembalap Red Bulls Sebastian Vettel dan Mark Webber di posisi kedua dan ketiga.

Pembalap Inggris Raya Jenson Button dari Brawn GP, pemimpin klasemen kejuaraan setelah memenangi enam dari tujuh balapan pertama, hanya menempati posisi kedelapan.

Button unggul 21 poin dari Vettel, dengan sisa tujuh balapan setelah balapan di Hungaria ini.

Juara dunia Lewis Hamilton dari McLaren, yang pada dua balapan sebelumnya di Hungaria menempati posisi pole, kini menempati posisi keempat setelah timnya mendominasi sesi latihan.

Pembalap Spanyol Jaime Alguersuari, yang baru berusia 19 tahun, menjadi pembalap termuda yang lolos untuk Grand Prix Formula Satu.

Pembalap baru tim Toro Rossi itu akan memulai balapan di belakang setelah mengalami masalah mesin pada akhir sesi kualifikasi pertama.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009