Budapest (ANTARA News/AFP) - Juara bertahan Lewis Hamilton yang membela tim McLaren Mercedes akhirnya berhasil mengakhiri musim kemarau gelar juara setelah memenangi balap mobil F1 Grand Prix Hungaria di Budapest, Minggu.

Pembalap Inggris berusia 24 tahun itu sebelumnya selalu gagal merebut gelar juara dalam sepuluh lomba yang telah diikutinya sepanjang musim ini.

Mengawali lomba pada baris keempat, Lewis langsung menyodok ke urutan ketiga pada lap pertama dan kemudian menyalip pembalap Australia Mark Webber dari tim Red Bull untuk menempati urutan kedua pada lap kelima.

Ia akhirnya menempati urutan terdepan setelah pembalap Spanyol Fernando Alonso dari tim Renault terpaksa mengundurkan diri akibat roda kanan depannya terlepas.

Lomba diwarnai dengan serangkaian insiden tabrakan ketika pembalap Jerman Sebastian Vettel yang berada pada urutan kedua, bersenggolan dengan Kimi Raikkonen, pembalap Finlandia yang membela Ferrari.

Vettel juga menyusul mengundurkan diri setelah mobilnya dilaporkan tidak bisa lagi dikendarai.

Jenson Button, pembalap Brawn GP asal Inggris yang masih menduduki peringkat teratas klasemen sementara, dengan bersusah payah hanya menempati urutan ketujuh.

"Rasanya sangat menyenangkan setelah tidak pernah lagi juara dalam waktu yang cukup lama. Saya sangat bangga dengan tim saya, mereka tidak pernah menyerah," kata Hamilton usai lomba.

"Kendaraan yang saya kendarai sangat bagus dan tim telah melakukan perkerjaan mereka dengan sangat baik. Kami tidak menduga bisa keluar sebagai juara. Mobil rasanya sangat fantastis. Rasa sangat istimewa bisa bangkit lagi disini," katanya.

Inilah kemenangan pertama Hamilton sejak Grand Prix China tahun lalu dan kemenangan tersebut adalah yang kesepuluh dalam karirnya.

Hamilton unggul dengan selisih 11,5 detik didepan Raikkonen yang harus puas diurutan kedua, disusul Webber (Red Bull) di urutan ketiga.

"Hasil disini cukup mengejutkan. Kami sebenarnya berharap bisa sedikit lebih cepat. Sirkuit disini cukup sulit bagi kami dan kami sadar bahwa kami tidak memiliki keuntungan dalam dua lomba terakhir. Saya sangat senang," kata Webber.

Sementara Raikkonen yang diinvestigasi akibat tabrakan dengan Vettel berujar: "Saya tidak memperhatikan bahwa mobil saya menyenggol orang lain. Saya tidak tahu apa yang sedang terjadi. Justru justru saat ini mengetahui ada tabrakan itu," kata Raikkonen.

"Tapi saya merasa sangat senang karena bisa tampil di podium dan setidaknya bisa memberikan pengaruh positif kepada tim," katanya.

Nasib sial dialami Alonso yang menempati start urutan terdepan karena dipaksa mengundurkan diri setelah menyelesakan lap pertama ketika ban depannya copot.

Insiden itu hanya berselang 24 setelah pembalap Ferrari, Felipe Massa mengalami cedera serius setelah mobilnya menghantam pembatas saat mengikuti kualifikasi.

Pembalap berusia 28 tahun itu harus menjalani operasi di rumah sakit Budapest dan tim Ferrari dalam pernyataannya mengatakan bahwa kondisi Masa sudah stabil.

"Hari juga menjadi hari yang menyedihkan atas apa yang telah menimpa Felipe Massa. Kami kehilangan dia dan berharapa semoga ia cepat sembuh," kata Hamilton.

Berikut hasil lompa balap mobil Formula Satu Grand Prix Hungaria, Minggu:

1. Lewis Hamilton (Inggris/McLaren) 1 jam 38 menit 23.876 detik

(Rata-rata 186.973 km/jam)

2. Kimi Raikkonen (Finlandia/Ferrari) + 11.529 dtk

3. Mark Webber (Australia/Red Bull) 16.886

4. Nico Rosberg (Jerman/Williams) 26.967

5. Heikki Kovalainen (Finlandia/McLaren) 34.392

6. Timo Glock (Jerman/Toyota) 35.237

7. Jenson Button (Inggris/Brawn) 55.088

8. Jarno Trulli (Italia/Toyota) 1:08.172

9. Kazuki Nakajima (Jepang/Williams) 1:08.774

10. Rubens Barrichello (Brazil/Brawn) 1:09.256

11. Nick Heidfeld (Jerman/BMW Sauber) 1:10.612

12. Nelson Piquet Jr (Brazil/Renault) 1:11.512

13. Robert Kubica (Polandia/BMW Sauber) 1:14.046

14. Giancarlo Fisichella (Italia/Force India) 1 lap

15. Jaime Alguersuari (Spanyol/Toro Rosso) 1 lap

16. Sebastien Buemi (Swiss/Toro Rosso) 1 lap.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009