Washington, (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama, Senin, memberikan dukungannya bagi usaha AS untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia, kata presiden Federasi Perhimpunan Sepak Bola Internasional (FIFA) setelah suatu pertemuan di Gedung Putih.

Joseph Blatter memberitahu Obama bahwa sebagai presiden FIFA, ia harus tetap bersikap "netral" mengenai masalah upaya menjadi tuan rumah ini --hingga kini ada 11 negara pesaing untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018-- namun mengatakan bahwa Obama mengimbau Blatter untuk "melakukan langkah lain bagi sepak bola Amerika Serikat."

Menurut Blatter, Obama mengatakan bahwa dengan menjadi tuan rumah kompetisi bergengsi itu boleh jadi akan menaikkan derajat AS dalam cabang olah raga sepak bola ini, yang disebut "soccer" di Amerika Serikat dan kurang begitu populer dibanding "American football".

Blatter mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan tersebut bahwa ia meminta presiden AS itu untuk menghadiri baik pertandingan pembukaan atau penutupan pada Piala Dunia tahun depan yang diadakan di Afrika Selatan.

Orang nomor satu di FIFA itu juga mengatakan Obama memerintahkan para pembantunya untuk melihat apakah jadwalnya bagi tahun 2010 memungkinkannya untuk melakukan perjalanan ke kompetisi internasional tersebut.

Blatter menyatakan ia bermain sepak bola sebentar dengan Obama, yang lebih dikenal dengan ketrampilannya dalam bermain bola basket dibandingkan dengan bakat sepak bolanya.

Namun pemimpin FIFA itu menjelaskan presiden AS tersebut berhasil mengontrol bola, dengan menendang bola dua kali serta menandukkannya sekali, dan mengatakan ia "terkesan" dengan ketrampilan Obama itu, demikian dikuti[p dari Reuters.(*)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009