Jakarta, 28/7 (ANTARA) - Pada tanggal 28 Juli 2009 Departemen Kehutanan akan menyelenggarakan Workshop Cintai Alam Indonesia (CAI), bertempat di Ruang Rimbawan I, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta. Workshop yang rencananya dibuka oleh Menteri Kehutanan tersebut mengambil tema "Mewujudkan Generasi Muda sebagai Pejuang Konservasi". Workshop akan dihadiri sekitar 300 orang perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) beberapa Universitas di Jakarta dan Bogor, serta pembicara dari kalangan terkait.

     Workshop CAI tahun 2009 ini diselenggarakan sebagai salah satu kegiatan dalam rangka menyongsong Deklarasi Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tanggal 10 Agustus 2009, dan mempunyai maksud agar masyarakat dapat lebih memberikan dukungan dan peranannya dalam upaya konservasi serta menyikapi isu-isu global tentang hutan dan lingkungan. Sedangkan tujuannya yaitu : (1) Mensosialisasikan konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya kepada masyarakat khususnya generasi muda, (2) Meningkatkan kesadaran dan kepedulian generasi muda terhadap kelestarian sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya, (3) Meningkatkan peran aktif generasi muda dalam kegiatan-kegiatan konservasi.

     Workshop Cintai Alam Indonesia tahun 2009 ini merupakan sebuah momentum strategis yang memiliki sasaran dan manfaat sangat penting dalam mendukung pengembangan upaya konservasi Konservasi Sumber Daya Alam hayati dan Ekosistemnya (KSDAHE), melalui pendekatan kepada masyarakat khususnya generasi muda dalam menumbuhkembangkan spirit untuk melakukan upaya konservasi. Workshop CAI merupakan bagian dari pendidikan dan sosialisasi KSDAHE secara nasional, sehingga diharapkan generasi-generasi muda ini dapat menjadi pilar-pilar penyelenggaraan konservasi di Indonesia.

     Kondisi memprihatinkan SDAH dan lingkungan memerlukan adanya upaya menyeluruh dalam rangka mewujudkan kondisi yang lebih baik melalui langkah/upaya perlindungan yang erat kaitannya dengan terminology konservasi. KSDAH merupakan pengelolaan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Masyhud, Kepala Pusat Informasi Kehutanan, Departemen Kehutanan


Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2009