Jakarta (ANTARA News) - Kanselir Republik Federal Jerman, Angela Merkel, menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden melalui Pilpres 8 Juli lalu, sebagaimana hasil rekapitulasi penghitungan suara akhir oleh KPU Sabtu (25/7) lalu.

Menurut keterangan resmi dari Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, Selasa, Kanselir Republik Federal Jerman menyampaikan ucapan selamat atas pemerintahan periode kedua Yudhoyono itu secara tertulis.

"Kemenangan Anda menunjukkan bagaimana warga Indonesia menghargai dan mendukung Pemerintahan Anda," kata Merkel dalam surat tertulisnya.

Ia menilai kebijakan politik keseimbangan yang dijalankan Yudhoyono, yang merupakan minat seluruh warga yang diwakilinya, dan penghargaan tinggi, yang didapatkan Yudhoyono di kawasan dan sekitarnya, ikut menyumbang terhadap keberhasilan itu.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa hubungan baik antara Republik Federal Jerman dan Indonesia telah lama berlangsung melalui persahabatan, pengakuan dan kepercayaan.

"Kita sama-sama menganut nilai-nilai demokrasi," katanya.

Pemerintah Jerman, lanjut dia, dengan senang hati melanjutkan kerjasama dengan pemerintah Indonesia di masa datang.

Rekapitulasi penghitungan suara akhir Pilpres 2009 di 33 provinsi oleh KPU, menunjukkan pasangan Megawati-Prabowo Subianto memperoleh 32.548.105 suara (26,79 persen), SBY-Boediono meraih 73.874.562 (60,80 persen), dan Jusuf Kalla-Wiranto mendapat 15.081.814 suara (12,41 persen).
(*)

Pewarta: ferly
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009