Jayapura (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan deras disertai petir dan angin kencang yang berpeluang terjadi di pesisir barat Sumatera, Sumatera bagian tengah, barat dan selatan, Kalimantan Barat dan Timur serta Jawa bagian Barat.

BMKG yang prakiraannya dipantau di Jayapura, Rabu pagi menyebutkan peringatan yang sama juga berlaku untuk daerah Sulawesi barat, utara, tengah dan selatan, Maluku bagian utara dan tengah serta Papua bagian barat, utara dan tengah.

Sementara itu, antara Kamis (30/7) hingga Jumat (31/7), hujan deras disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di pesisir barat Sumatera, Sumatera bagian utara dan selatan, Kalimantan bagian selatan, timur dan tengah, Sulawesi bagian tengah, selatan dan Tenggara serta Jawa bagian barat dan utara.

Hal yang sama juga mungkin terjadi di Maluku bagian utara dan tengah serta Papua bagian barat, utara dan tengah.

Adapun sepanjang Sabtu (1/8) sampai Senin (3/8), di pesisir barat Sumatera, Sumatera bagian tengah, barat dan selatan, Kalimantan bagian selatan dan timur serta Jawa bagian Barat, berpeluang terjadi hujan disertai angin kencang dan petir.

Selanjutnya peluang serupa juga terjadi di Sulawesi bagian tengah dan tenggara, Maluku bagian tengah, Papua bagian barat, utara dan tengah.

Sementara itu, prakiraan cuaca sejumlah daerah di Papua hari ini hingga esok Kamis menunjukkan peluang hujan dengan suhu rata-rata 23 - 31 derajat selsius.

Di Jayapura, kemungkinan hujan ringan turun dengan suhu minimum 23 dan maksimum 30 derajat.

Sedangkan hujan sedang berpeluang terjadi di Sorong, Biak dan Manokwari dengan suhu masing-masing 23 - 29, 23 - 31 serta 24 - 28 derajat selsius.

Adapun cuaca berawan mungkin dengan suhu 20 - 28 derajat selsiusn mungkin terjadi di Merauke.(*)

Pewarta: imung
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009