Jayapura (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan gelombang di perairan Papua, yakni di Laut Arafuru dan Samudera Pasifik sebelah utara pulau itu diprediksikan mencapai empat hingga lima sampai Sabtu (1/8).

BMKG yang prakiraannya dipantau di Jayapura, Kamis, mengeluarkan peringatan dini untuk tinggi gelombang yang sama, yang berpeluang terjadi di Laut China Selatan, Laut Andaman, Samudera Hinda barat Lampung, perairan Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Kai, dan Kepulauan Aru.

Selanjunya, tinggi gelombang tiga sampai empat meter kemungkinan terjadi di perairan Mentawai, perairan Bengkulu hingga Lampung serta perairan selatan Jawa.

Berikutnya, di Laut Sawu, perairan selatan Rote, Laut Timor, Laut Halmahera, perairan selatan Ambon, perairan Sangihe Talaud, Laut Buru, Laut Banda serta Laut Aru.

Sementara itu, gelombang perairan utara Aceh dan barat Aceh, perairan barat Kepulauan Nias, Selat Karimata serta Laut Jawa diperkirakan berkisar dua hingga tiga meter.

Hal yang sama juga berpeluang terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Bali hingga Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Laut Maluku.

Cuaca di sejumlah daerah di Papua mulai Kamis hingga Jumat (31/7) menunjukkan hujan ringan dan berawan dengan suhu berkisar 23-31 derajat celcius.

Di Jayapura, hujan ringan berpeluang terjadi dengan suhu minimum 24 derajat dan maksimum 31 derajat.

Hujan ringan juga mungkin terjadi di Biak dan Manokwari dengan suhu masing-masing 24-31 dan 24-29 derajat.

Sementara itu, cuaca berawan diprakirakan terjadi di Sorong dengan suhu 23-28 derajat dan Merauke dengan suhu 23-29 derajat celcius.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan deras disertai kilat dan angin kencang mulai Kamis hingga Jumat (31/7) untuk daerah pesisir barat Sumatera, Sumatera bagian utara dan selatan, Kalimantan bagian selatan, timur, dan tengah.

Peringatan yang sama juga berlaku untuk Sulawesi bagian tengah, selatan dan tenggara, Jawa bagian barat dan utara, Maluku bagian utara dan tengah, serta Papua bagian barat, utara dan tengah.

Sementara itu, Sabtu (1/8) hingga Senin (3/8) hujan deras disertai kilat dan angin kencang diprediksikan terjadi di pesisir barat Sumatera, Sumatera bagian tengah, barat dan selatan, Kalimantan bagian selatan dan timur, Jawa bagian barat, Sulawesi bagian tengah dan tenggara, Maluku bagian tengah, serta Papua bagian barat, utara dan tengah. (*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009