Caracas (ANTARA News/Reuters) - Venezuela dan China membentuk suatu usaha patungan Kamis senilai 7,5 miliar dolar untuk membangun rel kereta api yang akan menghubungkan kawasan-kawasan pertanian dan minyak di negara Amerika Selatan itu, seorang pejabat senior mengatakan.

China Railways Engineering Corporation (CREC) akan memiliki 40 persen saham dan Venezuela akan memiliki sisanya, kata Menteri Infrastruktur Diosdado Cabello.

Jalan kereta api sepanjang 468 km (290 mil) itu menghubungkan kawasan produksi lembu dan bijian pangan di negara bagian barat daya Cojedes dengan ladang-ladang minyak di negara bagian timur Anzoategui.

"Kini (para petani) akan mempunyai suatu jalur kereta api guna membantu mereka mengangkut hasil panen," kata Cabello.

Proyek tersebut akan mempekerjakan 7.500 pekerja dan dijadwalkan selesai pada 2011, katanya usai penandatanganan perjanjian dengan Bai Zhong Ren, wakil pimpinan CREC.

Venezuela, yang sangat tergantung pada kendaraan truk-truk untuk transportasi kargo domestiknya, mulai membangun beberapa jalur kereta api untuk menghubungkan pusat-pusat produksi regional.

Pemerintah bermaksud membangun ribuan rumah untuk para pekerja yang akan membangun ladang minyak ekstra berat, Orinoco. (*)

Pewarta: handr
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009