Denpasar (ANTARA News) - Seiring semakin tingginya jumlah pelanggan Telkomsel yang bepergian ke China, operator selular itu memperluas jaringan layanan data murah, Data Roam di negeri itu, sekaligus menambah jumlah negara yang mendapat layanan serupa menjadi 12 negara.

Manager Strategic Marketing Projects Telkomsel, Peter M. Silalahi, dalam penjelasan yang diterima ANTARA di Denpasar, Jumat, mengatakan, layanan Data Roam untuk mengakomodir tingginya kebutuhan penggunaan layanan data saat pelanggan berada di luar negeri terutama wilayah Asia Pasifik.

Jumlah pengguna kartu selular produk Telkomsel yang bepergian ke luar negeri setiap bulannya mencapai 500.000 pelanggan. Dengan layanan Data Roam, pelanggan dapat menikmati layanan data murah sampai ke Negeri Tirai Bambu tanpa dikenakan biaya tambahan.

Layanan data murah ini terselenggara berkat kerjasama operator China Unicom dengan Bridge Alliance, sedangkan Telkomsel merupakan salah satu pendiri sekaligus sebagai anggota bersama 11 operator terkemuka di Asia Pasifik.

Ke 11 operator bersama itu yakni Airtel (India), AIS (Thailand), CSL (Hongkong), CTM (Macau), GlobeTelecom (Filipina), Maxis (Malaysia), SK Telecom (Korea), SingTel Mobile (Singapore), SingTel Optus (Australia), dan Taiwan Mobile (Taiwan).

Untuk menikmati layanan data murah 5 MB, katanya, pelanggan hanya perlu mengirimkan SMS, ketik DR5 kirim ke 2662. Selanjutnya pelanggan sudah langsung dapat memanfaatkan kenyamanan layanan data sesuai kebutuhannya di luar negeri, baik untuk mengakses email, chatting, browsing, ataupun downloading.

Sebagai tolok ukur, paket hemat mingguan 5 MB ini dapat digunakan untuk mengakses 100 email dan 500 halaman WAP.

"Di samping paket mingguan 5 MB seharga Rp150.000, Telkomsel juga menyediakan paket layanan data hemat bulanan bagi pelanggan yang berada di luar negeri, dengan besaran 15 MB Rp280.000 dan 40 MB Rp560.000.

"Dengan begitu kini pelanggan dapat menentukan paket hemat mana yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran komunikasinya," papar Peter.

Layanan data lintas negara dengan tarif hemat sampai dengan 65 persen dari tarif normal data roaming ini merupakan upaya Telkomsel dalam menghadirkan solusi akses email dan internet untuk mendukung aktivitas pelanggan saat berada di luar negeri.

Hal ini sejalan dengan komitmen Telkomsel untuk menghadirkan layanan berstandar internasional dengan tarif yang semakin terjangkau, sekaligus menjadi penyedia layanan mobile lifestyle terbaik di Asia Pasifik, tambahnya.(*)

Pewarta: luki
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009