Jayapura (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai gelombang Laut Arafuru yang diperkirakan mencapai 4 - 5 meter sampai Selasa.

BMKG yang prakiraannya dipantau di Jayapura, Selasa menyebutkan, peringatan untuk gelombang dengan tinggi yang sama berlaku pula di Samudera Pasifik utara Halmahera, perairan Kepulauan Tanimbar dan Kepulauan Kai, perairan Sangihe Talaud, Laut Andaman serta Laut China Selatan.

Sementara itu, di perairan Kepulauan Aru, Laut Aru, Laut Banda, Laut Buru dan Laut Seram, perairan selatan Ambon, Laut Halmahera serta perairan selatan Rote, gelombang berkisar 3 - 4 meter.

Demikian pula halnya di Laut Sawu, perairan selatan Jawa hingga Bali dan perairan utara Aceh.

Sedangkan gelombang setinggi 2 - 3 meter mungkin terjadi di Laut Timor, Laut Maluku, Laut Sulawesi, perairan selatan Sulawesi dan perairan selatan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selanjutnya di Laut Jawa bagian timur, Selat Makassar bagian selatan dan Selat Sunda bagian selatan, Selat Karimata, Laut Natuna, perairan barat Bengkulu hingg Lampung, perairan Mentawai, perairan barat Kepulauan Nias serta perairan barat Aceh.

Adapun prakiraan cuaca di sejumlah daerah di Papua hari ini hingga esok Rabu (5/8) menunjukkan berawan dan hujan ringan.

Cuaca berawan berpeluang terjadi di Jayapura dan Sorong dengan suhu masing-masing berkisar 24 - 32 derajat dan 24 - 31 derajat selsius.

Demikian pula di Manokwari dengan suhu 25 - 32 derajat dan di Merauke dengan suhu 23 - 30 derajat.

Sedangkan hujan ringan mungkin terjadi di Biak dengan suhu minumum 25 dan maksimum 30 derajat.(*)

Pewarta: luki
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009