Madrid, (ANTARA News) - Liverpool setuju menjual pemain tengah Spanyol, Xabi Alonso, kepada Real Madrid, demikian diumumkan kedua klub itu Selasa.

Pemain berusia 27 tahun itu, yang bermain bersama Liverpool selama lima musim, akan pindah klub dengan bayaran yang tidak diungkapkan dan tinggal menunggu pemeriksaan medis, demikian diungkapkan Liverpool dalam laman mereka (www.liverpoolfc.tv).

"Klub Sepak bola Liverpool petang ini mengumumkan sudah mendapat kesepakatan untuk menjual Xabi Alonso kepada klub Real Madrid, dan tinggal menunggu hasil pemeriksaan medis," bunyi pernyataan.

"Masalah nilai transfer menjadi rahasia dan tidak diungkapkan," demikian tertulis dalam laman itu.

Real mengungkapkan kesepahaman kedua klub itu dalam laman mereka (www.realmadrid.com).

Media Spanyol melaporkan kesepahaman itu bernilai sekitar 30 juta euro (43,17 juta dolar), sehingga akhir penutupan musim kompetisi Real Madrid sudah mengeluarkan uang sebesar 250 juta euro.

Alonso berasal dari tim remaja bersama Real Sociedad dan salah satu pemain pertama yang dikontrak pelatih Rafael Benitez ketika ia berada di Liverpool pada 2004, beranjak ke klub itu dengan bayaran 10,5 juta pound.

Ia dengan cepat menjadi pemain favorit dan menolong klub itu menjuarai Piala Eropa pada 2005 dan Piala FA pada tahun berikutnya.

Alonso juga merupakan pemain reguler di Spanyol sejak 2003 dan merupakan bagian dari kemenangan tim Luis Aragones pada Euro 2008.

Benitez berusaha keras mempertahankan pemain tengah itu sesuai dengan rencananya tetapi media melaporkan Alonso lah yang menginginkan terjadi transfer itu.

Klub sembilan kali juara Eropa itu memang ingin mempertahankan pemain tengah yang berpengalaman di lini pertahanan itu, yang juga terampil dalam mengoper bola, agar ada keseimbangan di lini bertahan.

Sebagai jawaban atas nihilnya piala yang membuat musim kompetisi mereka amat buruk, klub saingan Barcelona di bawah ketua baru Florentino Perez,ingin membangun kembali kekuatan tim dengan program baru mereka di Barnebau.

Alonso merupakan pemain kedelapan yang dikontrak setelah sebelumnya pemain bertahan Alvaro Arbeloa dan Raul Albiol, pemain tengah Cristiano Ronaldo, Kaka dan Esteban Granero serta striker Karim Benzema dan Alvaro Negredo.

Sebagai bagian dari usaha membangun kembali kekuatan klub, pemain tengah Michel Salgado (33) setuju meninggalkan Real setelah 10 tahun bersama klub itu, demikian dikutip dari Reuters.(*)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009