Jakarta (ANTARA News) - Operator seluler PT Excelcomindo Pratama Tbk (EXCL) akan menerbitkan saham baru atau right issue sekitar 300 juta dolar AS dalam bentuk penerbitan ekuitas dan Mandatory Convertible Notes (MCN).

Pemegang saham utama perseroan, Axiata Group Berhad dan Emirates Telecommunications Corporation International Indonesia Ltd telah setuju untuk menggunakan hak mereka atas right issue ini.

Right issue ini untuk mengurangi utang perseroan dan memperbaiki struktur modalnya, sehingga perusahaan leluasa berinvestasi, kata President Direktur EXCL Hasnul Suhaimi dalam keterangan persnya, Rabu.

Pemegang saham utama mempunyai pandangan yang sama dengan perseroan mengenai bisnis ini dan potensinya bahwa dengan neraca dan kemampuan untuk berinvestasi yang lebih kuat, perseroan akan dapat lebih berkompetisi di masa mendatang, memacu pertumbuhan dan membagikan dividen kepada para pemegang saham.

Namun jumlah ekuitas dan MCN, harga saham dan nilai konversi atas MCN akan ditentukan kemudian.

Axiata Group Berhad dan Emirates Telecommunications Corporation International Indonesia Ltd telah setuju untuk menggunakan hak mereka atas right issue ini.

Dana hasil right issue akan digunakan untuk membayar utang sehingga biaya bunga tertekan, disamping memperbaiki struktur modal perseroan sehingga memperkuat neraca XL untuk terus berinvestasi dan tumbuh.

Presiden dan Group Chief Executive Officer Axiata Group Berhad Dato` Sri Jamaludin Ibrahim mengatakan, sebagai pemegang saham terbesar mereka berkomitmen tinggi terhadap pertumbuhan jangka panjang perusahaan di masa depan.

"Right issue ini menunjukkan dukungan penuh Axiata bagi XL dan akan memberikan kemampuan bagi XL untuk dapat terus berinvestasi dan terus memperkuat posisinya di pasar telekomunikasi Indonesia," katanya. (*)

Pewarta: imung
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009