Jakarta, (ANTARA News) - Ani Yudhoyono bersama dengan Mufidah Kalla membuka pameran produk pangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Nusantara 2009 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jumat.

Pameran tersebut diselenggarakan oleh Departemen Perdagangan dan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) dalam rangka Tahun Indonesia Kreatif yang dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Desember 2008.

Peserta pameran yang sudah diselenggarakan untuk keempat kalinya itu adalah lebih dari seratus UKM potensial yang terpilih mewakili provinsi seluruh Indonesia, produsen atau industri pangan, serta sektor pendukung pangan meliputi pangan potensial ekspor, kulinari Indonesia, produk diversifikasi pangan, pangan organik, produk herbal dan holtukultura.

Pameran bertema "Citarasa Kreativita" itu ditujukan untuk meningkatkan produk pangan kemasan dan kuliner khas Indonesia.

Untuk pameran produk pangan UKM Nusantara, buah sukun dipilih sebagai ikon sebagai bahan pangan alternatif tepung terigu. Sukun sebagai tanaman yang mudah tumbuh di mana saja tanpa perawatan khusus, diharapkan dapat meninggalkan ketergantungan dari bahan pangan impor.(*)

Pewarta: ferly
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009