Jakarta, (ANTARA News) - Ani Yudhoyono menyatakan peran perempuan dalam pengembangan potensi ekonomi kreatif Indonesia tidak dapat dikesampingkan.

Pada pembukaan pameran Indonesia Kreatif dan Produk Pangan UKM Nusantara 2009 di Jakarta Convention Center, Jumat, Ani menyebutkan peran perempuan dalam pengembangan ekonomi kreatif mencapa lebih dari 50 persen.

"Perempuan adalah penyumbang utama ekonomi kreatif," ujarnya.

Peran perempuan, katanya, amat nyata dalam menambah penghasilan yang berasal dari kreativias kuliner dan seni budaya.

Ekonomi kreatif juga diharapkan Anni menjadi sumber kekuatan dan pertahanan Indonesia dalam menghadapi dampak krisis keuangan global yang kini melanda dunia.

"Dampak krisis keuangan global telah dirasakan seluruh bangsa. Pameran ini tempat bersandara untuk menghadapi krisis. Kita harus kuat dan kreatif untuk bertahan," katanya.

Indonesia yang kaya akan peninggalan seni budaya, ada, serta ragam kuliner diyakini oleh Ani dapat menjadi potensi ekonomi kreatif guna menjadi negara yang maju dan terpandang di antara negara-negara lain.

"Di tengah krisis, kreativitas sangat penting untuk digali dan dipacu, karena hanya bangsa kreatif yang mampu melewati krisis dengan baik," ujarnya.

Melalui pameran Indonesia Kreatif yang bertema Virus "K" serta pameran produk pangan UKM Nusantara bertema "Citarasa Kreativita", Ani berharap kreativitas dapat menjadi sikap hidup masyarakat sehari-hari.(*)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009