Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyatakan satu orang dalam pemantauan (ODP) dinyatakan positif COVID-18 di Lampung sehingga total jumlah kasus saat ini berjumlah 84.

"Pasien COVID-19 kami yang baru adalah laki-laki usia 17 tahun asal Kabupaten Waykanan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa pria ini pulang ke Lampung dari Jakarta pada Ahad (3/5) dan langsung masuk ke rumah sakit pemerintah di Waykanan dengan diagnosis gagal ginjal kronis

"Sebelum pulang ke Lampung beliau sempat sakit selama tiga bulan di Jakarta dengan diagnosis gagal ginjal kronis juga," kata dia.

Baca juga: Satgas BUMN salurkan bantuan untuk tim medis di Provinsi Lampung

Baca juga: Pemerintah skenariokan pasien positif COVID-19 diisolasi tingkat RT


Pada Senin (4/5), yang bersangkutan dirujuk ke rumah sakit pemerintah di Kota Bandarlampung dan langsung diperiksa dan hasil diagnosanya, Hepatitis akut, cedera ginjal akut, leptospirosis dan kolelitiasis.

"Kemudian pasien di ambil swab dan setelah keluar hasilnya konfirmasi positif COVID-19," kata dia.

Ia juga mengungkapkan bahwa ada juga ODP yang meninggal dunia yakni laki usia 56 tahun asal Kabupaten Lampung Timur sehingga jumlah kasus ODP meninggal dunia di Lampung menjadi lima orang.

Berdasarkan data situasi terkini COVID-19 di Provinsi Lampung total pasien positif 84, dimana yang dirawat 52, pasien dinyatakan sembuh 26 dan enam lainnya meninggal dunia.

Kemudian, pasien dalam pengawasan (PDP) di Lampung ada 96 dengan 15 orang masih dalam perawatan, 63 lainnya dinyatakan sembuh dan 18 lainnya meninggal dunia.

Sedangkan, untuk orang dalam pemantauan (ODP) di Lampung berjumlah 3.122 dimana 95 orang masih dalam pemantauan, 3.022 sudah dipantau selama 14 hari dan meninggal dunia lima orang.

Sementara itu, jumlah pasien positif COVID-19 terbanyak masih dimiliki kota Bandarlampung dengan 37 kasus, dimana 14 pasien dinyatakan sembuh, lima meninggal dunia dan 18 masih dalam perawatan.*

Baca juga: Polda Lampung tindak tegas pemalsu surat keterangan bebas COVID-19

Baca juga: Balita PDP asal Metro Timur positif COVID-19

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020