Denpasar (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Minggu, akan membuka kongres internasional ke-9 tentang AIDS tingkat Asia Pasifik atau International Congress on AIDS in Asia and The Pacific (ICAAP) di Bali.

Presiden Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar pukul 09.50 WITA.

Pembukaan ICAAP digelar di Kompleks taman Garuda Wisnu Kencana Minggu malam pukul 19.00 WIB.

Pada acara itu, Ketua Kongres ke-9 ICAAP, Prof. Dr. Zubairi Djoerban akan menyerahkan plakat penghargaan masyarakat peduli AIDS Indonesia kepada Presiden Yudhoyono atas komitmen kepemimpinan dalam penanggulangan HIV/AIDS di Indonesia.

Pada acara pembukaan itu juga dilakukan deklarasi oleh Duta AIDS Indonesia, Ani Yudhoyono, dan penyalaan tungku api kepedulian masyarakat Asia Pasifik terhadap HIV/AIDS sebagai tanda pembukaan ICAAP.

Sebagai Duta AIDS Indonesia, Ani Yudhoyono pada Minggu siang juga menghadiri pertemuan Duta AIDS tingkat Asia Pasifik di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali.

Selain mengadakan diskusi yang dipandu oleh utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kawasan Asia Pasifik untuk masalah AIDS, Nafis Sadik, para duta AIDS itu juga mendengarkan kesaksian para pengidap HIV/AIDS yang diwakili oleh Mairie Bopp.
(*)

Pewarta: luki
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009