Paris (ANTARA News/AFP) - Kelompok perusahaan periklanan Perancis, Publicis, Minggu mengatakan, akan membeli agen periklanan digital Razorfish milik Microsoft seharga 530 juta dolar AS (380 juta euro).

"Akuisisi Razorfish merupakan langkah maju dalam mewujudkan strategis visi kami menjadi yang terkemuka di dunia dalam komunikasi digital," Ketua dan CEO Maurice Levy mengatakan dalam sebuah pernyataannya.

Raksasa perangkat lunak (software) AS setelah penjualan Razorfish akan memegang tiga persen dari modal di Publicis, kelompok perusahaan iklan terbesar keempat-grup di dunia, dan dengan demikian
menjadi salah satu dari pemegang saham utama, Levy menambahkan dalam sebuah konferensi.

Publicis juga mengatakan dalam pernyataan, akan mendorong kemitraan strategis global dengan Microsoft yang telah diumumkan pada bulan Juni untuk mengembangkan periklanan online.

Microsoft mengakuisisi Razorfish yang berbasis di Seattle, yang menjadi klien utamanya, termasuk Ford, McDonald`s, dan Starwood Hotels, dua tahun yang lalu sebagai bagian dari enam miliar dolar pembelian pemasaran digital aQuantive.

Pihaknya mendekati perusahaan periklanan terbesar dunia tentang Razorfish, sebelum memutuskan untuk menjualnya ke Publicis.

Penjualan diharapkan dapat ditutup sebelum akhir tahun dan akan diatur menjadi dibayar dalam sebuah kombinasi tunai dan mengirim 6,5 juta saham Publicis Groupe yang dapat dibeli kembali, kata perusahaan Perancis.

Razorfish akan terus beroperasi di bawah nama merek-nya.

Dua setengah tahun setelah membeli perusahaan Amerika Digitas, Publicis dengan pembelian Razorfish terus mendorongnya ke dalam sektor digital.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009