Hyderabad, India, (ANTARA News) - Pebulu tangkis unggulan ke-11 Bao Chunlai sudah langsung tersingkir di penampilan pertamanya pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2009 di Gachibowli Indoor Stadium Hyderabad, India, Senin.

Chunlai harus mengakui keuletan pebulu tangkis nonunggulan asal Belanda, Dicky Palyama dengan dua set langsung 18-21, 14-21 dalam waktu 36 menit.

"Saya tidak tahu kenapa hari ini bisa bermain begitu buruk," kata Chunlai, finalis kejuaraan dunia 2006 di Madrid, Spanyol usai pertandingan.

"Kondisi saya juga tidak ada masalah, tapi lawan memang bermain lebih bagus dan beberapa kali saya harus melakukan kesalahan," tambah juara Singapura Super Series 2009 itu.

Dicky Palyama lebih banyak menekan Bao Chunlai dengan bola-bola silang ke belakang yang sulit dijangkau. Sesekali dia melancarkan smes keras yang tidak diduga pemain kidal bertinggi 191 cm tersebut.

Bao Chunlai makin terlihat tertekan pada set kedua, saat Dicky Palyama seringkali mengecoh pergerakannya dan jauh memimpin dalam pengumpulan angka.

"Tidak ada beban sedikitpun menghadapi pemain unggulan seperti Bao Chunlai. Justru saya tertantang untuk bermain `all out` dan mengalahkan dia. Ternyata bisa dan saya sangat senang," katanya.

Dicky Palyama kemungkinan besar akan bertemu juara bertahan Lin Dan di babak ketiga. Lin Dan tanpa kesulitan melaju ke babak kedua dengan kemenangan mudah 21-9, 21-11 atas Misha Zilberman (Israel).

"Sebagai pemain yang tidak diunggulkan, tidak ada target khusus yang saya bidik. Saya hanya berusia main sebaik mungkin di kejuaraan ini," tambah Dicky.

Sementara itu, unggulan ketiga Peter Hoeg Gade melewati rintangan pertamanya dengan mulus, saat mengalahkan Valeriy Atrashchenkov (Ukraina) 21-11, 21-16.

"Sebuah awal yang bagus dan berharap penampilan saya terus meningkat," kata Gade yang diperkirakan akan bertemu Lin Dan di perempat final.(*)

Pewarta: ferly
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009