Hyderabad, India (ANTARA News) - Kasus penyebaran virus flu babi tipe A (A-H1N1) mengguncang arena Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2009 di Hyderabad, India,setelah seorang pelatih tim Malaysia dirujuk ke rumah sakit setempat karena diduga terjangkit virus tersebut.

Chief Operating Officer BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia), Thomas Lund kepada wartawan di Hyderabad, India, Selasa, mengatakan pihaknya masih menunggu konfirmasi dan pemeriksaan dari tim medis rumah sakit, soal kondisi kesehatan pelatih Malaysia tersebut.

"Sampai sekarang belum ada kepastian, masih sebatas dugaan dan dia sudah menjalani perawatan di rumah sakit. Positif atau tidaknya dia terkena virus itu, akan diketahui dalam waktu 48 jam ke depan (dua hari)," kata Lund.

Pelatih ganda Malaysia bernama Jeremy Gan, dilaporkan menderita flu yang disertai demam tinggi, sejak dua hari terakhir. Dia telah menjalani pemeriksaan medis dari dokter tim, namun kondisinya tidak kunjung membaik hingga kemudian dirujuk ke rumah sakit di Hyderabad.

Virus A-H1N1 beberapa waktu terakhir telah melanda sejumlah daerah di India. Media setempat melaporkan beberapa kematian akibat virus tersebut.

Sebelum kasus ini, ajang kejuaraan dunia juga dikejutkan isu teror dari kelompok Lashkar-e Taiba yang akan mengacaukan event tersebut dan membuat tim Inggris mengundurkan diri.

Penanggung Jawab Medis Kejuaraan Dunia, Dr. Mahesh Joshi, menjelaskan pihaknya telah melakukan langkah-langkah preventif untuk mencegah penularan virus A-H1N1 semakin meluas, terutama terhadap pemain, pelatih, dan ofisial tim peserta kejuaraan.

"Kami akan terus memantau kondisi pemain, pelatih, dan ofisial dari seluruh tim, untuk memastikan semuanya tidak ada masalah. Pelatih Malaysia saat ini sudah menjalani karantina, sampai kami mengetahui kondisi yang sebenarnya," ujarnya.

Thomas Lund menambahkan, pihaknya sudah menyampaikan masalah ini kepada seluruh tim manajer, dan meminta mereka tidak terlalu khawatir karena panitia dan tim kesehatan telah melakukan upaya pencegahan dengan maksimal.

Secara terpisah, Pelatih Ganda Malaysia Rexy Mainaky yang dikonfirmasi terpisah, membenarkan kabar soal salah satu pelatih Malaysia Jeremy Gan yang diduga terjangkit virus A-H1N1.

Menurut Rexy, kondisi pelatih itu sudah tampak menurun sehari setelah tiba di Hyderabad, Sabtu (8/8). Dua hari terakhir, Jeremy Gan terkena flu dan demam tinggi sehingga harus diperiksa tim medis.

"Sebelum berangkat ke India, dia sempat mendampingi pemain mengikuti turnamen di Thailand. Namun, saya tidak tahu pasti, bagaimana dia bisa sakit," katanya.

Mantan juara dunia ganda putra bersama Ricky Subagdja ini, mengaku cukup khawatir dengan masalah ini. Dia berharap Jeremy Gan tidak positif terjangkit virus A-H1N1.

"Semua pemain dalam kondisi baik dan sehat. Mudah-mudahan dia (Jeremy) tidak positif sehingga kami semua tidak perlu sampai harus dikarantina," tambah Rexy Mainaky. (*)

Pewarta: ferly
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009