Torshavn, (ANTARA News) - Franck Ribery, yang absen pada pertandingan Bayern Munich pada pembukaan musim Liga Utama Jerman (Bundesliga) pada akhir pekan lalu akibat cedera, kemungkinan akan bermain bagi timnas Prancis dalam pertandingan mereka di babak kualifikasi Piala Dunia melawan Kepulauan Faroe di Torshavn, Rabu.

Pelatih Prancis Raymond Domenech mengatakan menjelang pertandingan Grup Tujuh itu bahwa ia siap menempatkan playmaker tersebut dalam beberapa kapasitas walaupun pelatih Bayern Louis Van Gaal semula hanya mengijinkan Ribery melakukan perjalanan pulang dengan syarat ia tidak dipanggil untuk bermain.

"Franck sudah siap bermain sebentar dalam pertandingan itu," ujar Domenech di Torshavn, Selasa, mengenai pemain itu yang baru pulih dari cedera pada lutut kirinya.

Pelatih tim Prancis itu menambahkan, "Saya sudah memberitahu Van Gaal lewat telepon, kita sepakat bahwa kami harus mengembalikannya (Ribery) dalam kondisi terbaiknya.

"Dia bisa main, jika perlu, selama 15 sampai 20 menit, semacam itu dan dia akan siap bagi pertandingan Bayern pada Sabtu, itu adalah bagian dari kesepakatan kami, tetapi kami tidak perlu menanyakannya untuk bermain kecuali ada masalah."

Van Gaal Jumat lalu menyatakan bahwa Ribery tidak akan bermain saat timnas Prancis melawan Kepulauan Faroe Islands, dengan bersikeras bahwa ia hanya mengijinkannya untuk bergabung dengan skuad nasionalnya "jika ada suatu perubahan pandangan".

Beralih ke masalah Thierry Henry, Domenech mengatakan ia sudah mengetahui beberapa waktu sebelumnya bahwa striker Barcelona ini mungkin belum cukup fit untuk melakukan perjalanan ke pulau Atlantik Utara itu.

Henry, Senin, tidak dimasukkan dalam daftar pemain klubnya, Barcelona, karena ia mengalami cedera pada otot Achilles-nya.

Dengan absennya Henry dan kapten reguler Patrick Vieira, ban lengan kapten akan dikenakan oleh pemain Arsenal William Gallas.

Prancis harus menang dalam pertandingan kualifikasi Rabu itu untuk mendekatkan poin mereka pada pemimpin Grup Tujuh, Serbia, yang sudah aman dengan mengumpulkan delapan poin walaupun Serbia telah memainkan dua pertandingan lebih banyak.

"Kami memerlukan sebanyak tiga poin," kata Gallas.(*)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009