Manado (ANTARA News) - Wakil Ketua kegiatan "Sail Bunaken", Komandan Lantamal VIII Laksamana Pertama TNI, Willem Rampangilei menegaskan tidak ada larangan bagi nelayan untuk melakukan penangkapan ikan jelang pelaksanaan Sail Bunaken.

Hal ini ditegaskannya, usai menghadiri syukuran empat tahun perjalanan pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara di Manado, Jumat.

Bahkan lebih lanjut Rampangilei mengatakan, kalau memang ada larangan itu, semata-mata hanyalah merupakan isu yang sengaja di hembuskan oleh segelintir orang yang tidak mendukung Sail Bunaken.

"Larangan itu tidak benar, jadi tidak ada yang menginstruksikan untuk tidak boleh nelayan beraktifitas di laut mencari ikan, dan itu hanya ungkapan segelintir orang yang tidak ingin mensukseskan Sail Bunaken, " katanya.

Rampangilei menjelaskan seharusnya para nelayan bisa harus mengerti bahwa saat ini kota Manado telah melaksanakan perhelatan akbar yang berskala internasional, dan ini merupakan barometer daerah yang nantinya bisa menjadi momen untuk menjual sektor pariwisata dan kelautan daerah.

Sebelumnya, ada keluhan sejumlah nelayan di Manado yang mengatakan penyelenggaraan Sail Bunaken telah menyulitkan mereka dalam beraktivitas mencari ikan. (*)

Pewarta: imung
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009