Gunungkidul (ANTARA News) - sekitar 110 orang pencinta alam dan penelusur gua menggelar upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-64 di Gua Grubuk, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin.

"Upacara peringatan hari kemerdekaan dan pengibaran bendera merah putih di dalam gua merupakan kegiatan dua tahun sekali oleh para pencinta alam dan penelusur gua di Indonesia," kata Ketua Persatuan Penelusur Gua Gunungkidul "Vertical Rescue" Agus Gandhi di Wonosari.

Ia mengatakan, peringatan hari kemerdekaan merupakan peristiwa untuk kembali mengobarkan semangat dan nilai nasionalisme bagi seluruh bangsa Indonesia.

Upacara pengibaran bendera yang dilakukan di dalam gua berkedalaman 95 meter dari permukaan tanah merupakan sebuah kegiatan yang menantang dan memicu `adrenalin` puluhan orang penelusur gua yang datang dari seluruh penjuru Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan unik, kami berharap kegiatan ini mampu meningkatkan semangat patriotisme," katanya.

Anwar, seorang peserta upacara bendera di dalam Gua Grubuk itu mengatakan, pemilihan Gua Grubuk karena gua tersebut merupakan salah satu gua yang memiliki orneman indah dan layak digunakan untuk upacara.

"Kami pencinta alam, hanya memperhatikan dari sisi keindahan alam dan pelestariannya. Mengenai sejarah yang ada di dalam gua kami tidak terlalu mempertimbangkan," katanya.

Menurut penduduk Jetis, Atmo Suranto, tidak banyak warga setempat yang menyempatkan diri mengunjungi gua tersebut, karena mereka menganggap gua itu memiliki sejarah yang kelam bagi warga desa tersebut.

"Jadi, warga setempat enggan untuk masuk ke dalam gua itu, apalagi kondisi gua yang cukup dalam dan curam, " ujar Atmo Suranto.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009