Biel, Swiss (ANTARA News/AFP) - Penurunan ekspor arloji atau jam tangan Swiss melambat pada Juli, angka-angka dari badan industri menunjukkan Kamis, karena penjualan di pasar utama Amerika Serikat dan Hong Kong meningkat.

Ekspor arloji negara itu jatuh 25,9 persen pada Juli, dibandingkan dengan bulan sebelumnya akibat berlanjutnya kecenderungan penurunan ekonomi, kata Federasi Industri Arloji Swiss (FSWI).

Tapi ini masih ditandai peningkatan dari angka bulanan untuk Juni yang memperlihatkan sebuah penurunan 31,9 persen, data menunjukkan.

Ekspor arloji mencapai 1,2 miliar Franc Swiss (790 juta euro, 1,1 miliar dolar AS) pada Juli, kata kelompok pembuat arloji itu.

Penjualan ke Amerika Serikat, importir arloji Swiss terbesar kedua, turun 39,2 persen pada Juli, sebuah perbaikan dari Juni ketika jatuh 49,2 persen pada bulan-ke-bulan.

Di Hong Kong, pasar ekspor terbesar, ekspor turun 31,7 persen pada Juli, sebuah perbaikan dari bulan-ke-bulan jatuh 35,9 persen pada Juni.

Ekspor jam tangan emas menurun tajam pada Juli, tercatat turun 31,3 persen, sedangkan ekspor jam tangan baja turun 26 persen, data menunjukkan.

Jam tangan berharga antara 200 dan 500 Franc Swiss terbaik pada Juli, dengan ekspor jatuh hanya tujuh persen.

Ekspor jam tangan kategori harga lainnya turun 20 persen, kata grup industri.

Federasi mengatakan bahwa pada Juni ekspor jam tangan Swiss turun 24,6 persen pada kuartal pertama dari 2009. (*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009