Washington (ANTARA News/AFP) - Sebuah strategi pemulihan komprehensif oleh pemerintahan Presiden AS Barack Obama telah mengemudikan ekonomi terbesar di dunia itu kembali bangkit dari jurang kejatuhan, sebuah pokok ekonomi mengatakan Kamis.

"Kami telah bepergian jauh dari Januari. Kembali kemudian, di seluruh negara untuk pertama kalinya dalam banyak kehidupan kami, perekonomian kami berada di ambang keruntuhan," kata Menteri Keuangan AS Timothy Geithner.

"Hari ini, karena strategi yang komprehensif diundangkan oleh Presiden Obama, kami kembali dari jurang," katanya dalam pidato di Ohio, di antara negara yang tergulung resesi sejak Desember 2007.

Geithner mengatakan, penurunan laju ekonomi dan pengurangan pekerja telah melambat, sementara bank yang meminjam dana pembayar pajak untuk menangkal keruntuhan mulai membayar kembali kepada pemerintah.

Pasar kredit juga mulai mencair dan pasar perumahan -- pusat gempa bumi dari krisis keuangan yang mendorong ekonomi hampir roboh -- telah mulai stabil, katanya.

"Dan, secara keseluruhan, ketakutan yang meluas adalah memberikan cara untuk membangkitkan keyakinan baru."

Tetapi Geithner memperingatkan jalan panjang jalan ke depan untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan

"Kami telah jauh pergi, tetapi kita mulai melihat tanda-tanda stabilitas, dan tanda-tanda ini menandai langkah pertama untuk pemulihan," katanya.

Merujuk kepada pemulihan khususnya di Ohio, ia mengatakan pada Januari negara bagian itu telah kehilangan pekerja pada tingkat 100.000 per bulan tetapi bulan lalu, tingkatannya telah "melambat tajam" menjadi 30.000.

"Itu 30.000 terlalu banyak, dan pengangguran masih tinggi," tambahnya.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009