Denpasar (ANTARA News) - Delegasi dari mancanegara berbaur dengan ratusan pemuda Hindu di Bali ikut dalam kirab "Pratima Ganesha" yang berusia seribu tahun di Denpasar, Minggu.

Delegasi mancanegara yang mengenakan busana adat Bali dominasi warna putih berasal dari India, China, Malaysia dan Thailand.

Ketua Pemuda Hindu Sedunia ((World Hindu Youth Organization-WHYO) Shri I Gst Ngrh Arya Wedakarna MW Suyasa mengatakan, kirab Pratima Ganesha menempuh jalan kaki sejauh tujuh kilometer dari Pura Agung Jagatnatha Denpasar menuju Pantai Sanur.

Kegiatan yang direncanakan sejak lama tersebut dapat terlaksana berkat dukungan Puri Surya Majapahit Trowulan Jawa Timur, sejumlah kelenteng dan vihara di Bali.

Kirab yang melibatkan lebih dari seribu warga masyarakat itu, adalah memperingati kelahiran Dewa Genesha.

Kegiatan tersebut berlangsung meriah dan semarak, karena mendapat perhatian besar dari masyarakat sepanjang jalan yang dilalui.

Kirab Pratima Ganesha sepanjang perjalanan itu diawali dengan atraksi barongsai dan alunan instrumen musik tradisional Bali.

Peserta kirab setibanya di Pantai Sanur menggelar kegiatan ritual yang dipimpin Sri Brahmanaraja dari Trowulan, Jawa Timur.

Kegiatan tersebut diharapkan mampu memberikan vibrasi bagi umat manusia dari kesucian Dewa Ganesha.

Selain itu diharapkan mampu mengembalikan jati diri bahwa Bali merupakan pulau spritual, ujar Arya Wedakarna.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009