Agam (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Minggu, memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena banjir bandang.

Bantuan mulai mengalir untuk masyarakat yang terkena banjir bandang yang melanda Kenagarian Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Wakil Bupati Agam, Ardinal Hasan mengatakan, bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang terkena banjir tersebut berupa beras, sarden, pakaian, tikar, selimut, dan peralatan memasak serta kebutuhan lainya.

Bantuan tersebut diterima langsung Wali Nagari Herman Tanjung, ditempatkan di Kantor Wali Nagari sekaligus sebagai posko penggulangan bencana.

Menurut Ardinal Hasan, bantuan tersebut berasal dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Sosnaker) Agam, Dinas Sosial Provinsi Sumbar.

"Disamping itu Pemkab Agam juga menyediakan tenda pengungsian bagi masyarakat yang terkena banjir," ungkapnya.

Dia mengatakan, tenda tersebut belum dipergunakan oleh masyarakat, karena warga ada yang mengungsi di rumah saudaranya maupun di masjid dan mushala yang tidak terkena banjir.

"Pemkab Agam juga menempatkan beberapa orang relawan dari Palang merah Indonesia (PMI) untuk membantu evakuasi korban banjir", ujarnya.

Kerugian akibat banjir bandang yang terjadi pada Sabtu (22/8) siang sekitar pukul 17.00 WIB mencapai Rp5,2 miliar. (*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009