Taipei (ANTARA News) - China Mobile dan produsen smartphone terkemuka Taiwan, HTC Corp, telah sepakat untuk bekerjasama mengembangkan produk-produk jaringan mobile generasi ketiga untuk China daratan, perusahaan mengatakan, Senin.

Mereka menandatangani nota kesepahaman di Taiwan untuk memulai kemitraan, dengan fokus pada pengembangan produk dan teknologi.

"Bersama-sama, kami berharap dapat memperluas jaringan industri TD-SCDMA dan memacu perkembangan sektor telekomunikasi lintas selat. Kami mencari kemitraan ini untuk menjadi model kerjasama," kata Pimpinan China Mobile Wang Jianzhou dalam sebuah pernyataannya.

TD-SCDMA merupakan standar teknologi internasional pertama di industri telekomunikasi China, dikembangkan menggunakan hak kekayaan intelektual China.

"Ke depan, HTC akan secara aktif mengembangkan produk broadband nirkabel berbasis pada standar TD-SCDMA, dan akan bekerjasama dengan China Mobile untuk merancang dan membuat produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dari pasar China," kata CEO HTC Peter Chou seperti dikutip AFP.

China Mobile, salah satu penyedia layanan telekomunikasi terkemuka di daratan, dan HTC mengatakan mereka juga akan melakukan penelitian tentang kecenderungan konsumen daratan sebagai bagian dari pengembangan produk. (*)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009