Jakarta (ANTARA News) - Timnas U-16 Indonesia akan masuk Grup E Kualifikasi Piala Asia 2010 bersaing dengan Jepang, Mongolia, Cina, Taiwan, Bandladesh, dan tuan rumah Filipina.

Rangkaian pertandingan Grup E ini akan berlangsung pada 3 hingga 13 Oktober 2009 di Panaad Stadium dan Paglaum Stadium, demikian informasi dari PSSI, Senin.

Hanya dua peringkat teratas klasemen yang bisa langsung lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2010. Namun, satu tempat masih berpeluang dimiliki oleh peringkat ketiga, dengan syarat menang bertanding dengan peringkat tiga grup lain.

Ada delapan grup pada babak kualifikasi Piala Asia 2010 ini. Grup A hingga G terdiri dari enam tim. Sedangkan grup hanya berisi tiga tim.

Menggunakan sistem setengah kompetisi, dua peringkat atas masing- masing grup, mendapatkan tiket lolos ke putaran final yang tempatnya belum ditetapkan AFC. Khusus Grup H, hanya peringkat satu klasemen akhir saja yang otomatis lolos.

Satu tempat lagi di putaran final akan diperebutkan oleh peringkat ketiga terbaik dari grup A hingga G. Sehingga, total peserta putaran final Piala Asia U-16 2010 berjumlah 16 negara.

Musim lalu, Indonesia berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2008 di Uzbekistan, namun tim asuhan pelatih Mundari Karya ini langkahnya terhenti di babak penyisihan. Vava Yagalo dan kawan-kawan kalah bersaing dengan Korea Selatan, Suriah dan India, sedang juara Piala Asia U-16 2008 adalah Iran yang mengalahkan Korea Selatan 2-1 di final.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009