Oak Bluffs, Massachusetts (ANTARA News/AFP) - Presiden AS Barack Obama akan mengumumkan pada Selasa ini mengenai jabatan kedua kali untuk Ben Bernanke sebagai Ketua Federal Reserve (Fed), setelah berbulan-bulan secara bersama memerangi krisis keuangan.

Pejabat resmi Gedung Putih yang tak mau disebutkan namanya mengatakan Obama akan mengakhiri liburannya di Vineyard pantai timur AS untuk mengangkat kembali Bernanke untuk periode jabatan empat tahun kedua kali yang mulai Januari.

Obama dijadwalkan akan menyamnpaikan pernyatannya, dengan Bernanke di sampingnya di kota resor Oak Bluffs pada jam 9.00 waktu setempat (1400 GMT) sebelum pasar membuka perdagangannya.

Kepala Gedung Putih Rahm Emanuel mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa Obama mengangkat kembali Bernanke karena prestasinya dalam "menarik perekonomian AS kembali dari depresi".

Bernanke dipilih sebagai Ketua Federal Reserve oleh pendahulu Obama, George W. Bush pada tahun 2005 yang menggantikan ketua Fed yang pensiun Alan Greenspan, yang telah menduduki jabatan selama 18 tahun dan mencapai era keemasan kesejahteraan ekonomi.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009