Koba, Bangka Tengah (ANTARA News) - Penjualan tiket pesawat terbang pada kantor agen tiket di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Babel, mengalami peningkatan dibanding biasanya, seiring arus mudik kaum pendatang di daerah itu pada bulan puasa dan menjelang Idul Fitri.

"Pada Agustus 2009, permintaan tiket perjalanan khususnya tiket pesawat terbang
mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya yakni sebesar 30 persen," ujar
Aswi, agen tiket di Koba, Selasa.

Ia mengatakan, biasanya rata-rata permintaan pembelian tiket pesawat terbang dari masyarakat Koba dan sekitarnya hanya mencapai sekitar 100 tiket per bulan, namun pada Agustus 2009 ini sudah terjual 150 tiket.

Menurut dia, tingginya permintaan pembelian tiket pesawat terbang pada Agustus 2009 disebabkan banyaknya masyarakat untuk mudik Lebaran ke daerah asalnya seperti Jakarta dan Pulau Jawa serta kota-kota di Sumatera.

"Banyak warga pendatang yang membeli tiket pesawat pada saat memasuki puasa
karena ingin menjalankan puasa di kampung halamannya," katanya.

Ia mengatakan, selain ingin menjalankan puasa di kampungnya, faktor penyebab sebagian pemudik memilih untuk pulang kampung pada Agustus 2009 disebabkan oleh keinginan untuk menghindari lonjakan kenaikan harga tiket pesawat.

"Rata-rata para pekerja dari luar daerah memilih pulang kampung pada Agustus ini karena menghindari lonjakan harga tiket yang akan mahal," katanya.

Menurut dia, bisnis penjualan tiket di Bangka Tengah masih merupakan bisnis yang menguntungkan karena jumlah agen tiket di Bangka Tengah masih belum begitu menjamur, sedangkan jumlah kaum pendatang di Bangka Tengah cukup banyak.

"Dalam tiga bulan terakhir, omset pendapatan penjualan tiket dapat mencapai ratusan juta karena pemudik dari Jawa dan Madura di Bangka Tengah cukup banyak sehingga bisnis ini cukup menjanjikan," katanya.(*)

Pewarta: ferly
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009