Jakarta (ANTARA News) - Wakil Kepala Stasiun Kereta Api Gambir Edi Kuswoyo mengatakan, tiket kereta api untuk tanggal 14 September atau selama seminggu sebelum lebaran (H-7) masih tersedia di stasiun itu, namun untuk enam sampai sehari sebelum lebaran habis.

"Namun tiket kereta api untuk kurang dari seminggu sebelum lebaran dari 15 hingga 20 September 2009, dengan jurusan Jawa Tengah dan Jawa Timur telah habis terjual," katanya di Stasiun Gambir, Rabu.

Sedangkan tiket kereta api untuk tujuan Kota Bandung dan Cirebon masih tersedia banyak.

"Biasanya pembeli tiket tujuan tersebut (Bandung dan Cirebon) baru ramai mendekati lebaran," ujar Edi Kuswoyo.

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada musim lebaran 2009, PT KA akan menyiapkan 15 gerbong tambahan yang akan mengangkut 150 ribu pemudik.

Menurut Edi, gerbong tambahan itu diperkirakan dapat mengangkut hingga 150 ribu pemudik. Sementara untuk tiket gerbong tambahan akan dijual pada hari keberangkatan.

Sejumlah gerbong yang akan ditambahkan antara lain, tujuh gerbong kereta api eksekutif dengan daya tampung 1.614 penumpang, empat gerbong kereta api bisnis yang menampung 2.334 penumpang, tiga gerbong kereta api ekonomi dan satu kereta komunitas yang dapat mengangkut 7.816 penumpang.

Direktur Komersial PT Kereta Api, Sulistiyo Wimbo Hardjito mengatakan, tiket kereta eksekutif bisa dipesan mulai pekan ini, sedangkan untuk kereta ekonomi dan bisnis tiket dijual pada hari keberangkatan.

Kereta api tambahan yang akan disiapkan antara lain, Kereta Kamandanu Lebaran, Kereta Argo Lawu I, Kereta Argo Lawu II, dan Kereta Gajayana Lebaran.

Edi mengungkapkan, untuk beberapa kota tujuan memang perlu dioperasikan gerbong kereta api tambahan mengingat permintaan tiket tetap tinggi, terutama ke kota tujuan Solo, Semarang dan Malang.

"Tapi gerbong kereta tambahan di Stasiun Gambir ini bukan kereta yang sifatnya komunitas atau sapu jagat. Kalau kereta komunitas itu untuk kelas ekonomi," ucap Edi. (*)

Pewarta: mansy
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009