Padang (ANTARA News) - Gempa tektonik berkekuatan 4,5 Skala Richter (SR) guncang wilayah Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) sekitar 15 menit menjelang tiba waktu berbuka puasa.

Guncangan gempa pada Rabu sekitar pukul 17:55 WIB itu dirasakan oleh sebagian warga Padang merasakan, bahkan ada yang tak mengetahui ketarannya.

Analis BMKG Padangpanjang, Roni ketika dikonfirmasi membenarkan terjadi gempa menjelang waktu berbuka dengan kekuatan 4,5 SR dengan kedalaman 10 km.

Pusat gempa pada 78 bagian barat Seberut Kepulauan Mentawai, atau berada pada titik koordinat 1,7 Lintang Selatan (LS) - 98,19 Bujur Timur (BT).

Guncangan gempa untuk wilayah Kota Padang, dirasakan III MMI dan wilayah Pariaman sekitarnya II MMI, namun tidak dirasakan di wilayah Padangpanjang dan sekitarnya.

Roni menyebutkan, sepanjang Rabu (26/8) juga banyak terdeteksi gempa susulan pascagempa 6,9 SR terjadi (16/8) lalu, namun sebagian besar tidak dirasakan.

Arif warga Padang, mengaku merasakan guncangan gempa sebelum menjelang berbuka puasa tetapi berlangsung sebentar dan tak terlalu mengejutkan.

"Saya merasakan tetapi tidak lari keluar rumah, karena hanya sebentar getarannya," ujarnya.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009