Hyannis Port, Massachusetts, (ANTARA News) - Edward Kennedy akan dimakamkan Sabtu di samping makam saudara-saudaranya di Arlington National Cemetery setelah misa pemakaman pribadi dan acara mengenang senator itu di Boston, kata keluarganya.

Presiden Barack Obama, yang menganggap Kennedy sebagai sahabat dan mentor politiknya, akan menyampaikan sambutan pada misa, sebelum kembali ke pulau pantai timur Martha Vineyard untuk mengakhiri liburannya, kata seorang pejabat pemerintah, demikian dikutip dari AFP.

Tidak ada rencana bagi Obama untuk menghadiri pemakaman pribadi di tempat pemakaman Arlington, di mana Kennedy akan disandingkan di dekat dua saudaranya yang dibunuh, yaitu mantan presiden John Kennedy dan Robert Kennedy.

Jenazah Senator Kennedy akan disemayamkan di gedung perpustakaan kepresidenan John Fitzgerald Kennedy di Boston dari pukul 10:00 sampai 16:00 waktu setempat Jumat, kata satu pernyataan.

Acara kenangan pribadi akan diselenggarakan di gedung perpustakaan itu dari pukul 17:00 Jumat, sebelum misa pemakaman pada pagi berikutnya di Our Lady of Perpetual Help Basilica, juga di Boston.

Acara pemakaman di Arlington National Cemetary, di dekat Washington, akan dimulai pada pukul 17:00 waktu setempat Sabtu.

"Senator Kennedy akan dimakamkan di dekat Presiden (John F.) Kennedy dan Senator Robert Kennedy," kata pernyataan itu, yang dikeluarkan oleh para pejabat.

Edward Kennedy meninggal pada Selasa malam pada usia 77 setelah 15 bulan berjuang melawan kanker.

Pernyataan yang menggarisbawahi pemakaman dan perencanaan pemakaman itu juga memperhatikan acara yang sangat khusus bagi gereja dan perpustakaan.

"Senator Kennedy tinggal selama beberapa dasawarsa di gedung Perpustakaan karena demikian sayangnya kepada saudaranya, Presiden John Kennedy, dan kini menjadi salah satu warisan nasional sebagai tempat debat masalah-masalah penting rakyat Amerika, dan sumber inspirasi bagi generasi mendatang dalam hal pengabdian umum."

"Sedangkan saudarinya, Kara, berjuang melawan kanker hati dirawat di rumah sakit di dekat Boston. Senator Kennedy mendatangi gereja Our Lady of Perpetual Hope tiap hari dan berdoa untuk Kara dan bagi kesembuhannya. Selama beberapa waktu, Basilica mempunyai arti khusus baginya sebagai tempat untuk berharap dan optimisme," katanya.

Keluarga Kennedy akan meninggalkan rumah mereka di dekat Hyannis Port di Massachusetts Kamis dengan jenazah sang senator.(*)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009