New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham AS pulih kembali pada Kamis waktu setempat, dari penurunan pembukaan menjadi ke posisi tertinggi baru tahun ini karena data menunjukkan ekonomi masih di jalan untuk pemulihan dari resesi dengan perbaikan moderat di pasar tenaga kerja, kata para analis.

Indeks Dow Jones Industrial Average pulih dari pembukaan yang lemah dengan bertambah 37,11 poin (0,39 persen) menjadi 9.580,63 pada akhir perdagangan, merupakan kenaikan yang kedelapan berturut-turut.

Indeks komposit saham teknologi Nasdaq naik 3,30 poin (0,16 persen) menjadi 2.027,73 dan indeks Standard & Poor`s 500 indeks, ukuran pasar lebih luas, naik 2,86 poin (0,28 persen) menjadi 1.030,98 pada awal penutupan.

"Perubahan dari negatif ke positif bias" mengangkat semua tiga indeks kunci, kata analis Briefing.com. Rebound itu berbasis luas "tapi saham keuangan telah mengumpulkan paling banyak dukungan," kata mereka.

Sebuah laporan yang menunjukkan perekonomian menyusut kurang dari perkiraan dalam kuartal kedua ini diimbangi oleh sedikit lebih tinggi dari yang diperkirakan klaim awal pengangguran, kata

Scott Marcouiller, senior strategist pasar ekuitas di Wells Fargo Advisors.

Sebelum bel pembukaan, Departemen Perdagangan melaporkan perekonomian menyusut pada laju tahunan 1,0 persen pada kuartal kedua, meninggalkan sebuah estimasi tak direvisi sebulan sebelumnya.

Angka untuk produk domestik bruto (PDB) lebih baik dari yang diperkirakan oleh analis, yang memperkirakan revisi menunjukkan kecepatan penurunan tahunan 1,5 persen.

Departemen Tenaga Kerja melaporkan bahwa berdasarkan penyesuaian berkala klaim awal pengangguran jatuh menjadi 570.000 pada pekan yang berakhir 22 Agustus, dari angka revisi minggu sebelumnya 580.000.

Sebagian besar analis memperkirakan klaim turun menjadi 565.000 dari angka klaim tak direvisi 576.000 dalam minggu yang berakhir 15 Agustus.(*)

Pewarta: ferly
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009