New York (ANTARA News/AFP) - Dolar diperdagangkan terutama naik pada Jumat waktu setempat, karena pedagang mata uang berbalik lebih berhati-hati dalam menghadapi pasar saham yang sedang kesulitan dan berita ekonomi bervariasi.

Pada 2100 GMT, euro dikutip pada 1,4304 dolar dibandingkan dengan 1,4345 dolar Kamis malam.

Dolar juga naik terhadap mata uang Jepang, meningkat hingga menjadi 93,59 yen dari 93,45 yen.

Setelah meningkat tajam Kamis, ke batas atas dari kisaran, euro melemah meskipun indikator ekonomi segar positif yang sering mengarahkan pedagang menuju mata uang tunggal Eropa.

Sebuah survei Uni Eropa menunjukkan kepercayaan bisnis dan konsumen di zona euro naik pada Agustus untuk kelima bulan berturut-turut, menambahkan rangkaian dukungan berita untuk ekonomi Eropa yang kesulitan.

Indikator sentimen ekonomi Komisi Eropa untuk 16 negara yang menggunakan mata uang tunggal euro naik menjadi 80,6 poin dari 76 poin pada bulan Juli, terus naik secara bertahap menjauhi rekor rendah 64,6 poin pada bulan Maret.

Di Inggris, data resmi menunjukkan bahwa ekonomi yang terkena resesi itu mengalami kontraksi lebih baik dari yang diperkirakan 0,7 persen pada kuartal kedua tahun 2009 dari triwulan sebelumnya.

Pemerintah AS melaporkan belanja konsumen meningkat untuk ketiga bulan berturut-turut, meskipun sebagian besar karena bantuan federal.

Lebih baiknya dari perkiraan indikator ekonomi cenderung berpaling dari pedagang dolar, dianggap tempat yang aman di masa ketidakpastian, ke arah mata uang dengan pengembalian yang lebih tinggi, seperti euro.

Di Wall Street, saham-saham AS ditutup beragam, dengan blue-chip Dow Jones Industrial Average turun 0,38 persen, mengakhiri delapan hari kemenangan.

"Tampaknya pemulihan dalam selera risiko masih tentatif terbaik," kata Samarjit Shankar dari Bank of New York Mellon.

Yen berada di bawah tekanan karena kekhawatiran mendalam tentang kesinambungan pemulihan ekonomi Jepang setelah tingkat pengangguran mencapai rekor tertinggi 5,7 persen pada Juli, kata para pedagang.

"Penjualan ye moderat muncul setelah rilis indikator lemah, termasuk tingkat pengangguran," kata Akira Takeuchi, seorang dealer di Chuo Mitsui Trust Bank.

Pasar juga bersiap-siap untuk pemilihan umum Jepang pada Minggu, di mana koalisi Perdana Menteri Taro Aso yang berkuasa kemungkinan menderita kekalahan besar melawan oposisi Partai Demokrat Jepang (DPJ), menurut jajak pendapat terbaru.

Pada akhir perdagangan New York, dolar naik menjadi 1,0593 franc Swiss dari 1,0585 Franc Kamis malam. Pound mantap, pada 1,6269 dolar dibandingkan dengan 1,6268 dolar.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009