Monako (ANTARA News/AFP) - Meski tidak mencetak gol, Lionel Messi, pemain bintang asal Argentina memberikan peran penting ketika Barcelona merebut Piala Super Eropa setelah mengalahkan Sakhtar Donetsk dengan skor 1-0 di Monaco, Jumat (Sabtu dinihari WIB).

Gol yang lahir ketika babak perpanjangan waktu tersisa lima menit itu terjadi berkat peranan Messi yang dengan cerdik berhasil melewati dua pemain lawan sebelum memberikan bola kepada pemain pengganti Pedro Rodriguez yang kemudian menaklukkan kiper Andriy Pyatov.

Bagi Barcelona, juara Liga Champions 2009, kemenangan di Piala Super tersebut adalah untuk yang ketiga kalinya, atau gelar kedua diawal musim kompetisi tahun setelah sebelum menjuarai Piala Super Spanyol .

Pelatih Shakhtar, Mirca Lucescu mengecam kepemimpinan wasit Frank De Bleeckere yang dianggap berat sebelah.

"Sulit untuk menghadapi Barcelona karena wasit selalu berpihak kepada mereka," kata Lucescu.

"Harusnya kami mendapat hadiah penalti. Tapi bagaimana pun, saya mengucapkan selama kepada Barcelona karena mereka adalah tim hebat dan pantas tampil sebagai pemenang," kata pelatih asal Rumania itu.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Louis II itu berjalan tidak menarik karena sejak awal, Shakhtar menampilkan permainan bertahan total.

Selain itu, kiper Andriy Pyatov juga tampil gemilang setelah berkali-kali berhasil mementahkan serangan Barcelona.

Pada awal babak pertama, penyerang Barcelona Thierry Henry mendapatkan peluang untuk mencetak gol, tapi tendangannya terlalu melambung diatas gawang.

Kiper Pyatov kemudian berhasil menghadang tendangan Messi dan secara gemilang menggagalkan tendangan melambung Henry.

Sepuluh menit menjelang pertandingan berakhir, Zlatan Ibrahimovic, pemain yang baru direkrut, gagal memperlihatkan penampilan terbaiknya dan digantikan oleh Pedro Rodriguez yang lima menit kemudian mencetak gol penentu kemenangan Barcelona.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Barcelona: 1-Victor Valdes; 2-Daniel Alves, 3-Gerard Pique, 5-Carles Puyol, 22-Eric Abidal; 24-Yaya Toure (16-Sergio Busquets 100), 6-Xavi Hernandez, 15-Seydou Keita; 9-Zlatan Ibrahimovic (17-Pedro Rodriguez 81), 10-Lionel Messi, 14-Thierry Henry (11-Bojan Krkic 96).

Shakhtar Donetsk: 30-Andriy Pyatov; 33-Darijo Srna, 5-Olexandr Kucher, 27-Dymytro Chygrynskiy, 26-Razvan Rat; 3-Tomas Hubschman, 11-Ilsinho, 19-Olexiy Gai (14-Vasyl Kobin 80); 7-Fernandinho (8-Jadson 78), 22-Willian (77-Julius Aghahowa 91), 17-Luiz Adriano. (*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009