Boston, Massachusetts (ANTARA News/AFP) - Presiden AS Barack Obama mengadakan pertemuan pribadi selama 10 menit dengan janda Edward Kennedy, Sabtu pagi, beberapa jam sebelum ia menyampaikan puji-pujian buat Edward dalam upacara pemakaman bagi senator kawakan AS itu.

Obama keluar dari hotelnya di Boston tengah, yang dikelilingi oleh agen Dinas Rahasia, dengan memakai jas panjang guna menahan hujan, dan berjalan menyeberangi jalan ke Fairmont Copley Plaza Hotel, untuk bertemu dengan Vicki Kennedy.

Gedung Putih mengkonfirmasi ia bertemu dengan janda Edward, sebelum pemakaman yang dijadwalkan dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat dan politikus di Our Lady of Perpetual Help Basilica di Boston.

Presiden AS tersebut meninggalkan tempat pelancongan di pantai timur, Martha`s Vineyard, Jumat larut malam, tempat ia telah berlibur, guna memastikan bahwa cuaca buruk akibat topan tropis Danny, yang mulai melemah, tidak menggagalkan rencananya menghadiri pemakaman tersebut.

Obama mengatakan ia "sangat sedih" dengan hilangnnya Edward, yang ia pandang sebagai kawan dan pembimbing politik.

Presiden AS itu dijadwalkan kembali ke Matha`s Vineyard, jika cuaca memungkinkan, Sabtu malam, sebelum bertolak ke Washington sebagaimana dijadwalkan pada Ahad.

Topan Danny, kendati melemah, sudah membawa hujan lebat dan angin kuat ke sebagian besar pantai timur-laut AS saat topan tropis tersebut bergerak ke arah utara menuju Kanada.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009