Spa-Francorchamps, Belgia (ANTARA News/AFP) - Juara bertahan Lewis Hamilton dan Jenson Button, pembalap yang sedang memimpin kejuaraan tersebut, mengalami kecelakaan di Grand Prix Belgia di putaran pembukaan di Spa-Francorchamp, Minggu.

Button kehilangan kendali dan mobilnya berputar keluar lintasan setelah Brawn GP-nya digunting oleh mobil pembalap Renault, Romain Grosjean, yang juga keluar lintasan.

Mobil McLareb Mercedes yang dikemudikan Hamilton juga menerima hantaman dari mobil lainnya dan keluar lintasan di tikungan yang sama.

Button, yang start dari urutan ke-14, melaporkan di BBC, "Saya start secara baik dan telah menyalp Lewis, kemudian Rubens (Barrichello) mengalami masalah. Saya menyalip empat mobil kemudian di tikungan saya mengerem dan Grosjean menabrak saya dan menghantam roda belakang mobil saya.

"Keluar seperti itu membuat saya frustrasi, untuk pertama kalinya saya tidak finish dalam balapan tahun ini dan pada dasarnya karena saya berada di urutan ke-14."

Hamilton, yang berada di urutan ke-12 mengatakan, "Saya benar-benar mengalami start buruk. Saya berusaha memulihkan keadaan, tetapi saya ditabrak di tikungan pertama dan sayap depan mobil rusak. Kemudian saya melihat Jenson dan berusaha menghindar, tetapi ditabrak dari belakang."

Kecelakaan massal tersebut dapat berdampak besar di kejuaraan tersebut, yang sedang dipimpin oleh Button dari rekan satu timnya di Brawn, Rubens Barrichello dengan 18 poin.

Untuk pertama kalinya pada musim ini bahwa Button, yang start dari urutan ketujuh, gagal memperoleh poin.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009