Jambi (ANTARA News) - Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, menyiapkan 250 ekor sapi untuk mengatasi kekurangan daging pada saat Lebaran mendatang.

Untuk mengatasi kekurangan daging selama bulan puasa hingga Lebaran, Pemkab Batanghari melalui Dinas Peternakan telah menyiapkan sedikitnya 250 sapi untuk persediaan selama bulan puasa dan Lebaran, kata Kepala Dinas Peternakan Batanghari, Akyar A melalui Kabid Pengembangan Ternak Adiyono, Minggu.

Ke-250 ekor sapi yang disiapkan Pemkab Batanghari bertujuan untuk mengatasi jangan sampai terjadinya kelangkaan daging selama puasa hingga Lebaran.

Saat ini permintaan terhadap daging selama puasa dan puncaknya Lebaran akan mengalami peningkatan yang sangat singnifikan dan sapi tersebut sudah disiapkan masyarakat sehingga kapanpun dibutuhkan tinggal mengambil ke masyarakat dan membawa ke Balai Pemotongan Hewan (BPH).

Adapun sumber dana untuk persediaan sapi selama bulan puasa hingga Lebaran nanti berasal dari APBD dan sumber lainnya sekitar Rp250 juta.

Meskipun telah menyiapkan sekitar 250 ekor sapi untuk persediaan selama puasa hingga Lebaran, namun yang menjadi permasalahan di lapangan pada umumnya masyarakat lebih cenderung mencari daging kerbau ketimbang daging sapi.

"Di Batanghari masyarakat lebih cenderung mencari daging kerbau ketimbang daging sapi," kata Adiyono.

Meskipun perimintaan daging kerbau lebih banyak, pemerintah daerah akan tetap menyiapkan stok sapi untuk Lebaran dan hal ini sudah dilakukan setiap tahunnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Batanghari Drs Ardiansah juga membenarkan Pemkab setempat telah menyiapkan 250 ekor sapi untuk stok selama puasa hingga Lebaran tahun ini.

Saat ini di BPH sudah ada 16 ekor sapi yang disiapkan, sedangkan selebihnya masih di tangan masyarakat, kapanpun dibutuhkan tinggal menghubungi masyarakat.(*)

Pewarta: luki
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009