Surabaya (ANTARA News) - Operator jalan tol, Jasa Marga, akan proaktif melayani pemudik yang menggunakan jasa jalan tol Surabaya-Porong dan Jembatan Surabaya-Madura (Suramdu) dengan menerjunkan beberapa petugas untuk membantu kelancaran arus lalu lintas di pintu masuk jalan tol.

"Dengan cara ini antrean panjang di pintu tol, baik di Surabaya-Porong maupun di Jembatan Suramadu dapat diatasi," kata Kepala Jasa Marga Cabang Surabaya-Porong, Agus Purnomo, Selasa.

Ia memprediksi, antrean panjang sudah mulai terlihat di tol Surabaya-Porong dan Jembatan Suramadu beberapa hari menjelang lebaran.

Untuk tol Surabaya-Porong, pihaknya sudah mengantisipasinya dengan membuka seluruh loket di pintu masuk, sedangkan di pintu masuk Jembatan Suramadu, akan diterjunkan petugas loket yang mendatangi para pengguna jalan untuk mempermudah pembayaran tol.

"Antrean panjang di Jembatan Suramadu kami perkirakan akan sama persis dengan situasi saat jembatan itu pertama kalinya dibuka pada Juni lalu," katanya.

Ia memperkirakan, kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, yang melintas di Jembatan Suramadu akan mencapai 60 ribu unit per hari.

"Arus lalulintas lebaran tahun ini di Jembatan Suramadu meningkat sekitar 65 persen untuk roda dua dan 35 persen roda empat," katanya.

Jasa Marga juga akan membuka 10 gardu di tol Jembatan Suramadu, sedangkan di tol Surabaya-Porong 55 gardu yang sewaktu-waktu dioperasikan (*)

Pewarta: handr
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009