Barcelona, (ANTARA News) - Zlatan Ibrahimovic mencetak gol lewat tandukan akrobatik dalam debutnya di Liga Utama Spanyol (La Liga) untuk mengunci kemenangan 3-0 Barcelona saat melawan Sporting Gijon ketika Senin membuka pertandingan awal musim 2009-2010 untuk mempertahankan gelar mereka.

Striker Swedia itu membungkuk untuk melakukan tandukan sekuat tenaga atas umpan Daniel Alves yang membelok di menit ke-82 setelah striker belia Bojan Krkic dan pemain internasional Mali Seydou Keita telah menyumbang masing-masing satu gol bagi klub juara Eropa itu menjelang akhir babak pertama, demikian dikutip dari Reuters.

Dengan absennya pemain depan Argentina Lionel Messi karena tengah bermain untuk tim nasionalnya, pelatih Pep Guardiola menurunkan pada awal pertandingan itu Pedro Rodriguez di sayap kanan, Ibrahimovic sebagai penyerang tengah dan Bojan di kiri.

Bojan (19) mendadak maju tanpa terkawal untuk menandukkan bola ke arah gawang di menit ke-18 setelah Keita menyentakkan ke arahnya tendangan pojok Xavi, dan Keita sendiri akhrinya juga mencetak gol sesaat menjelang waktu turun minum ketika ia menandukkan umpan matang Alves sehingga skor menjadi 2-0 sebelum babak pertama berakhir.

Pertandingan itu sempat ditangguhkan karena Barca harus bermain di pertandingan Piala Super Eropa melawan Shakhtar Donetsk di Monaco pada Jumat lalu, yang dimenangkan mereka lewat gol tunggal di akhir babak pertambahan waktu dan Guardiola mengeluh karena banyak pemainnya yang merasa tegang.

"Saya tidak dapat mengeluhkan segalanya yang dilakukan tim karena setiap orang sudah berusaha dan setiap mereka semua bergerak," ujarnya pada suatu konferensi pers, "Kami mengontrol pertandingan itu."

Bojan dan bek kiri asal Brazil, Maxwell, yang bersama dengan Ibrahimovic bergabung dari Inter Milan setelah akhir musim lalu, digantikan karena mengalami cedera di babak kedua.

Barca menyatakan di laman mereka (www.fcbarcelona.cat) Bojan mengalami cedera pada oto kaki kirinya dan akan absen beraksi selama 15-20 hari sementara cedera kaki kiri Maxwell memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Di pertandingan lain La Liga pada akhir pekan lalu, pemain terbaik Cristiano Ronaldo melesakkan tendangan penaltinya untuk membantu klubnya, musuh bebuyutan Barca, Real Madrid, mengalahkan Deportivo Coruna 3-2.

Atletico Madrid dibungkanm 0-3 oleh Malaga, Valencia mengalahkan tim tamu Sevilla 2-0, dan Villarreal ditahan imbang 1-1 oleh Osasuna.(*)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009