Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah telah mengalokasikan dana pada APBN 2010 untuk pembangunan 1 hingga 3 pabrik gula untuk memenuhi kebutuhan gula di dalam negeri.

"Tadi yang diputuskan adalah pada 2010, pemerintah akan melakukan investasi pembangunan pabrik gula baru," kata Deputi Menko Perekonomian Bidang Pertanian dan Kelautan, Bayu Krisnamurthi, di Jakarta Selasa.

Usai rapat koordinasi dengan Menteri Perdagangan, Menteri Negara BUMN, Menteri Perindustrian dan Menteri Pertanian, Bayu mengatakan, kebijakan itu bagian dari program jangka menengah 2009-2014 berupa revitalisasi industri termasuk pabrik gula.

"Nilai investasinya belum diputuskan, tapi ada beberapa skema yang dilihat, apakah bentuk penyertaan modal atau subsidi bunga, atau yang lainnya," ujarnya.

Meski demikian, Bayu memperkirakan dana pembangunan satu pabrik gula sebesar Rp1,1 triliun - Rp1,5 triliun untuk 10 ribu ton batang tebu per hari.

"Lokasinya belum diputuskan, nanti akan dibahas oleh Meneg BUMN, Menteri Pertanian dan Menperin," tambahnya.

Bayu menjelaskan pembangunan pabrik gula yang baru itu bisa saja dengan mengganti pabrik gula lama yang ada di Jawa atau membangun pabrik baru di luar Jawa termasuk kebun tebunya.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009