Chicago (ANTARA News/AFP) - Ford Motor Co membukukan kenaikan 17 persen dalam penjualan di AS pada Agustus didorong sebagian oleh pendanaan populer pemerintah program "Cash for Clunkers", kata produsen mobil Selasa.

Perbaikan yang substansial mengikuti kenaikan 2,3 persen pada bulan Juli -- kenaikan tahun-ke-tahun Ford pertama sejak November 2007.

Perusahaan mengatakan telah berhasil meningkatkan pangsa pasar ritel pada 10 dari 11 bulan terakhir, meskipun tahun lalu penjualannya ambruk di tingkat yang belum terlihat dalam satu dekade.

Produsen mobil terbesar kedua AS melaporkan, peningkatan 21 persen pada penjualan eceran Agustus untuk merek-merek intinya Lincoln, Mercury dan Ford.

Total penjualan termasuk penjualan armada margin rendah naik menjadi 176.323 dari 151.021 pada bulan Agustus 2008. Penjualan satu tahun hingga hari in, bagaimanapun, turun 24 persen pada 1,1 juta kendaraan.

"Kami memiliki line-up segar produk baru dalam industri," kata Ken Czubay, wakil presiden raksasa otomotif untuk pemasaran, penjualan dan pelayanan untuk AS.

"Kepemimpinan Ford dalam kualitas, efisiensi bahan bakar, keamanan dan teknologi -- semua beresonansi dengan konsumen, dan sedang tercermin dalam hasil penjualan kami.

Perusahaan mengataka, kendaraan berbahan bakar lebih efisien -- Focus dan versi sedan hibrida Fusion, Milan and Escape serta kendaraan sport Mariner - telah membukukan rekor penjualan.

Program "Cash-for-Clunkers" tiga miliar dolar AS yang ditetapkan oleh pemerintah AS memicu penjualan mobil hampir 700.000 didorong oleh insentif `trade-in` sebelum berakhir minggu lalu.

Rencana "clunkers" menawarkan pemilik mobil dan truk tua, insentif hingga 4.500 dolar untuk ditukarkan dengan mobil baru yang lebih efisien, sebuah skema dimaksudkan untuk membantu meningkatkan industri otomotif yang kesulitan sambil membantu lingkungan.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009