Washington (ANTARA News/AFP) - Menlu AS Hillary Clinton akan bertemu dengan Manuel Zelaya Kamis untuk membicarakan jalan buntu menyusul pemecatannya sebagai presiden Honduras dalam kudeta 28 Juni, jurubicaranya mengatakan Selasa.

"Pada Kamis Menteri Clinton merencanakan untuk bertemu dengannya guna membicarakan cara terbaik ke depan mengenai situasi di Honduras," kata jurubicara deplu Ian Kelly pada wartawan.

Ia mengingat bahwa Zelaya berada di Washington pekan ini untuk serangkaian pembicaraan, termasuk dengan Organisasi Negara-negara Amerika (OAS).

AS telah meningkatkan tekanan pada pemimpin kudeta Honduras sejak setelah mereka menolak penyelesaian, dengan merencanakan untuk menghentikan hampir 150 juta dolar dalam bantuan AS.

Para menteri luar negeri dari tujuh negara dan pemimpin OAS kembali dengan tangan kosong pekan lalu setelah gagal untuk meyakinkan pemimpin de facto Honduran Roberto Micheletti untuk minggir.

Deplu AS mengatakan mereka siap untuk melakukan tindakan lanjutan setelah menghentikan sebagian besar pelayanan visa bagi rezim sementara itu dan menangguhkan 35 juta dolar bantuan militer.(*)

Pewarta: imung
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009