New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham di Wall Street merosot pada Rabu waktu setempat, setelah laporan payrolls (daftar gaji) non pertanian AS lebih buruk dari perkiraan, menambah kekhawatiran menjelang data utama ketenagakerjaan pada Jumat.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 29,93 poin (0,32 persen) menjadi berakhir pada 9.280,67, keempat kali berturut-turut ditutup di wilayah merah untuk indeks blue-chip.

Indeks komposit saham teknologi berat Nasdaq turun 1,82 poin (0,09 persen) menjadi 1.966,76 dan indikator pasar lebih luas indeks Standard & Poor`s 500 mundur 3,29 poin (0,33 persen) menjadi 994,75.

Indeks utama dibuka lebih rendah dan diperdagangkan dalam kisaran sempit sebelum mengakhiri dengan kerugian moderat dalam perdagangan yang berombak.

"Wall Street masih terhuyung-huyung dari pukulan-pukulan hari Selasa yang membuat indeks utama terjun sekitar 2,0 persen di seluruh papan perdagangan," kata Joseph Hargett dari Schaeffer`s Investment Research.

Data lebih buruk dari yang diperkirakan pada pekerjaan sektor swasta mengangkat alarm jelang data pemerintah tentang pekerjaan non pertanian Agustus yang akan dirilis Jumat.

Perusahaan payrolls ADP melaporkan sektor swasta non pertanian AS mengurangi 298.000 pekerjaan pada Agustus, jumlah terkecil pekerjaan dalam hampir satu tahun.

Angka tersebut melampaui prediksi konsensus pengurangan 250.000 pekerjaan.

"Laporan Perubahan Ketenagakerjaan ADP membantu meredam di tengah rebound-nya aspirasi," kata Patrick O`Hare dari Briefing.com.

"Aksi jual menyusul data ADP ini menunjukkan bagaimana penurunan pada hari Selasa mempertahan peserta sedikit lebih gelisah daripada sebelumnya."

Data ekonomi lain, kata Departemen Tenaga Kerja, produktivitas non pertanian meningkat direvisi naik 6,6 persen tingkat tahunan dalam dua kuartal pertama, dan unit biaya tenaga kerja jatuh lebih dari perkiraan semula.

Pesanan pabrik bangkit untuk keempat bulan berturut-turut pada bulan Juli, Biro Sensus Amerika Serikat melaporkan, tetapi kenaikan 1,3 persen kurang dari 2,2 persen konsensus perkiraan.

"Setelah beberapa bulan tampak tak ada yang bisa pernah salah di pasar ekuitas, suasana yang jelas berbeda sejauh ini pada bulan September. Ekuitas gagal untuk mendapatkan kesan kuat dari perkiraan data ekonomi seluruh dunia," kata Vassili Serebriakov dari Wells Fargo Bank.

Pasar mengangkat bahu dari risalah pertemuan penetapan kebijakan Federal Reserve pada 11-12 Agustus yang mengatakan bahwa Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) melihat ekonomi "seperti yang masih rentan terhadap guncangan merugikan."

Sektor finansial tetap lemah setelah turun tajam Selasa.

Bank of America turun 1,09 persen menjadi 16,27 dolar AS dan JPMorgan Chase turun 1,94 persen menjadi 40,86 dolar AS.

Pfizer tergelincir 0,61 persen menjadi 16,28 dolar AS. Farmasi raksasa setuju untuk membayar rekor 2,3 miliar dolar AS untuk menyelesaikan tuduhan promosi ilegal untuk menggunakan obat-obatan tertentu yang tidak disetujui oleh Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan. Departemen Kehakiman mengatakan itu adalah penyelesaian penipuan perawatan kesehatan terbesar dalam sejarah.

Perusahaan teknologi Danaher melompat 2,83 persen menjadi 62,13 dolar AS setelah mengumumkan dua akuisisi di sektor bioteknologi gabungan senilai 1,1 miliar dolar AS dan restrukturisasi yang akan memangkas 3.300 pekerja.

Take-Two Interactive Software melonjak 7,78 persen menjadi 10,95 dolar AS. Pembuat dari permainan "Grand Theft Auto" melaporkan hal itu berayun ke dalam penurunan kuartal ketiga dari 55,5 juta dolar AS, turun tajam daripada ekspektasi pasar, pada pendapatan yang anjlok 68 persen dari tahun lalu.

Obligasi meningkat. Hasil pada obligasi negara AS berjangka 10-tahun jatuh ke 3,295 persen dari 3,375 persen pada Selasa dan pada obligasi negara 30-tahun jatuh ke 4,104 persen dari 4,198 persen. Hasil dan harga obligasi bergerak berlawanan arah.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009