Washington/Seoul (ANTARA News/Yonhap-OANA) - Utusan Amerika Serikat mengenai Korea Utara, Stephen Bosworth, Jumat, akan terbang ke Seoul sebagai bagian dari lawatan ke tiga negara Asia guna membahas dan membujuk Korea Utara kembali ke perundingan enam negara.

Juru bicara Deplu AS, Ian Kelly mengatakan, bahwa perwakilan khusus untuk kebijakan Korea Utara itu, Rabu terbang ke Beijing `untuk melanjutkan konsultasi dengan mitra dan sekutu kami.`

Tujuannya adalah menjajaki bagaimana cara terbaik untuk meyakinkan Korea Utara, bahwa dia harus patuh dan bertanggungjawab pada Pernyataan Bersama September 2005, dan mengambil langkah-langkah ke arah perlucutan senjata nuklir secara tuntas.

Setelah Beijing, Bosworth akan terbang ke Seoul dan Tokyo, sebelum pulang Selasa, kata Kelly.

Bosworth akan disertai Sung Kim, utusan khusus untuk perundingan enam negara, yang akan bertemu dengan timpalannya dari Rusia yang mengisyaratkan ingin bertemu di Seoul, kata Kelly.

"Bosworth tidak berencana untuk pergi ke Pyonyang atau akan bertemu dengan pejabat-pejabat Korea Utara," katanya.

Juru bicara deplu mengatakan, bahwa Bosworth `akan membahas peran perundingan bilateral dengan Korea Utara dalam konteks proses enam negara.`

Kementerian luar negeri Korea Selatan mengumumkan, Bosworth akan tiba di Seoul Jumat, dan menuju Jepang, Minggu.

Dia berencana akan bertemu dengan Wi Sung-lac, Utusan Korea Utara pada perundingan enam negara, Menlu Yu Myung-hwan, dan para pejabat senior lain yang menangani masalah Korea Utara Sabtu, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Moon Tae-young.

Kedua pihak akan membahas kembali situasi nuklir Korea Utara dan mengkonsultasikan secara langsung respon-respon mendatang, serta cara-cara untuk bekerjasama antara satu negara dengan negara lainnya, kata Moon kepada pers. (*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009