Johannesburg (ANTARA News) - Pemain penyerang Samuel Eto`o dan Didier Drogba mencetak gol di saat Kamerun menghidupkan kembali harapan mereka di kualifikasi Piala Dunia dan Pantai Gading tinggal memerlukan satu angka lagi untuk lolos ke putaran final itu.

Eto`o ikut membantu terciptanya gol pertama dan mencetak gol kedua ketika Kamerun mencetak dua gol dalam dua menit di babak kedua untuk mengalahkan pimpinan Grup A, Gabon, 2-0 di Libreville, Sabtu.

Drogba mencetak dua gol untuk membantu Pantai Gading melindas saingan utama mereka, Burkina Faso, 5-0 di Abidjan, Sabtu, dalam pertandingan di Grup E. Pantai Gading kini hanya memerlukan satu angka guna maju ke putaran final Piala Dunia untuk kedua kalinya secara betuntun.

Juara Afrika Mesir mempertahankan harapannya dengan kemenangan 1-0 di Rwanda, sementara Malawi mendapatkan angka pertama mereka di putaran final tahap grup ketika mereka berhasil mengejar ketinggalan untuk mengalahkan Guinea 2-1 di kandang sendiri.

Kapten Eto`o memberikan harapan kepada kepemimpinan pelatih baru Kamerun Paul LeGuen. Ia memberikan peluang bagi Achille Emana untuk mencetak gol pertama di menit ke-66 dan kemudian mencetak gol dua menit kemudian.

Kamerun dan Gabon akan bertemu lagi hari Rabu di Yaounde, dan pada saat itu tim tuan rumah berkesempatan untuk memimpin klasemen.

Tim Pantai Gading mencetak gol di menit-menit awal pertandingan dan tidak pernah terkejar saat mereka mengalahkan tetangganya, Burkina Faso di hadapanm penonton yang dijaga ketat di Abidjan, tempat bulan Maret paling tidak 19 orang tewas karena berdesak-desakan di stadion saat terakhir kali Pantai Gading menjadi tuan rumah.

Abdelkader Keita mencetak gol pertama sebelum Drogba menambah dua gol, Keita kembali mencetak gol dan pemain Barcelona Yaya Toure juga memberi sumbangan gol.

Pantai Gading mempertahankan rekor 100 persen mereka di grup tersebut dan akan memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia di Malawi bulan depan cukup dengan bermain imbang.

Gelandang Ahmed Hassan kembali memperkuat Mesir seteah sembuh dari cederanya dan mencetak gol 20 menit menjelang pertandingan usai melawan Rwanda di Kigali.

Mesir kini memimpin Grup C berdasarkan selisih angka dengan Aljazair, yang hari Minggu akan bertanding melawan Zambia.

Chiukepo Msowoya turun ke lapangan sebagai pemain pengganti di babak kedua untuk mencetak dua gol ketika Malawi mengalahkan Guinea 2-1 di Blantyre di Grup E. Kedua tim kini mengumpulkan tiga angka di dasar klasemen.

Ghana dapat lolos ke putaran final Piala Dunia hari Rabu dalam satu dari enam pertandingan grup lagi yang dijadwalkan di seluruh Afrika.(*)

Pewarta: ricka
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009