Brisbane (ANTARA News) - Juara dunia lima kali Sebastien Loeb memenangi Reli Australia, Minggu, dan mendekati nilai pimpinan klasemen kejuaaan dunia Mikko Hirvonen menjadi hanya satu poin.

Pereli Prancis itu mencatat kemenangannya yang ke-53 atau yang keenam tahun ini setelah unggul hanya 12,5 detik atas Hirvonen dalam lomba di wilayah utara New South Wales itu.

"Sangat penting bagi saya untuk memenangi lomba di sini," kata Loeb yang mengendarai Citroen, seperti dikutip dari Reuters.

Hirvonen, yang telah memenangi tiga seri sebelumnya sehingga berada di puncak klasemen, berada di urutan kedua, sedangkan rekan setim Loeb Dani Sordo di urutan ketiga,

"Lomba pada akhir pekan ini sungguh berat. Kami perlu melupakannya sekarang dan maju terus," kata Hirvonen.

Urutan keempat ditempati Sebastien Ogier, sementara Jari Matti Latvala yang hingga Jumat lalu memimpin, harus puas di urutan kelima.

Hirvonen menilai kemenangan Loeb berkat taktik yang cerdik dari tim Citroen sehari sebelumnya.

Loeb Sabtu itu sempat memimpin namun mengurangi kecepatan untuk memberi jalan bagi Hirvonen dari tim Ford ke depannya.

Dengan demikian dalam start untuk hari Minggu pereli Finlandia itu di urutan pertama, sehingga dalam kondisi lintasan yang buruk tersebut Hirvonen seolah menjadi pembersih jalan bagi peserta di belakangnya.

"Mungkin ceritanya akan berbeda jika sya tidak start pertama, tapi memang banyak kemungkinan," kata Hirvonen.

Reli Australia yang pertama kalinya berlangsung di pesisir timur ini, sempat terganggu oleh lemparan batu dari orang-orang yang tidak setuju diselenggarakan event itu karena dianggap merusak lingkungan.Dua etape dibatalkan karena gangguan tersebut.(*)

Pewarta: luki
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009