Miami (ANTARA News/Reuters) - Penampilan cemerlang Giovani Dos Santos membawa Meksiko meraih kemenangan 3-0 atas Kosta Rika, Sabtu, sehingga menghidupkan kembali harapan negara Amerika Tengah itu lolos ke Piala Dunia dari zona CONCACAF.

Dengan Amerika Serikat berhasil mengejar ketinggalan untuk mengalahkan El Salvador 2-1 di Utah dan Honduras menaklukkan Trinidad dan Tobago 4-1, satu angka memisahkan empat tim teratas di grup tersebut.

Honduras dan AS mengumpulkan 13 angka dan mengungguli Meksiko dan Kosta Rika satu angka, dengan masih menyisakan tiga pertandingan.

Tiga tim teeratas di grup tersebut secara otomatis akan lolos ke putaran final Piala Dunia di Afrika Selatan tahun depan. Tim yang menempati posisi keempat mempunyai kesempatan terakhir untuk lolos melalui pertandingan playoff melawan tim yang menempati posisi kelima dari Amerika Selatan.

Dalam suasana bermusuhan di stadion Saprissa, Dos Santos membuat Meksiko unggul dibabak pertama melalui tembakan kaki kiri dari jarak 20 meter.

Pemain depan Tottenham itu kemudian memberi peluang terjadinya dua gol di babak kedua dalam cara yang hampir sama. Pertama, melalui kerja sama dengan Guillermo Franco dalam melancarkan serangan balasan, Dos Santos menggiring bola dan kemudian dengan menggunakan kaki kirinya ia memberikan umpan matang kepada rekan satu timnya untuk mencetak gol.

Kemudian kerja sama brilian antara Dos Santos dan Andres Guardado membuahkan gol ketiga.

Clint Dempsey dan Jozy Altidore masing-masing mencetak gol bagi Amerika Serikat untuk mengejar ketinggalan guna mengalahkan El Salvador 2-1.

El Salvador, yang belum pernah dikalahkan AS dalam perjalanan menuju oputaran akhir Piala Dunia, unggul di menit ke-32 ketika Rodolfo Zelaya memanfaatkan pertahan buruk lawan guna memberikan umpan silang kepada Christian Castillo, yang sundulannya menaklukkan penjaga gawang Tim Howard.

Tetapi, Dempsey menyamakan kedudukan di menit ke-41 ketika sundulannya memanfaatkan umpan silang Landon Donovan menjebol gawang lawan.

Altidore kemudian mencetak gol kemenangan beberapa saat sebelum pertandingan babak pertama usai.

Dengan hanya mengumpulkan lima angka, El Salvador hampir tersingkir, sama dengan Trinidad dan Tobago yang ditaklukkan Honduras.

Carlos Pavonmembuat Honduras unggul di menit ke-20 dan kembali mencetak gol delapan menit kemudian.

Kapten Amado Guevara menjadikan kedudukan 3-0 di menit ke-61, sebelum pemain pengganti David Suazo melengkapi kemenangan tujuh menit menjelang tertandingan usai. Kerry Baptiste mencetak gol hiburan bagi tim tamu itu.

Honduras akan menghadapi ujian berat hari rabu saat melawan Meksiko di stadion Azteca, sementara AS bertandang ke Trinidad. Kosta Rika bertandang ke El Salvador.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009